androidvodic.com

Siasati Lelah Saat Perjalanan Jauh, Perhatikan Tips Mengemudi Ini - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Perjalanan jauh menggunakan mobil tentu akan sangat melelahkan. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar perjalan tetap aman dan nyaman.

Terlebih, di momen arus balik setelah lebaran, faktor kelelahan menjadi pemicu utama perjalanan menjadi berisiko.

"Perjalanan balik Lebaran tidak kalah menantangnya karena lalu lintas yang padat. Ditambah, kondisi fisik yang menurun akibat sudah berkendara sejak perjalanan mudik. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi istirahat yang pas supaya kondisi fisik dan mental kembali optimal," tutur Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Senin (1/5/2023).

Baca juga: Pengalaman Keliling Nusantara, Traveler Umar Imanuddin Bagikan Tips Staycation Hemat Biaya

Perhatikan tips berikut agar perjalanan jauh tetap aman dan nyaman:

1. Jaga Kondisi Fisik

Pengemudi merupakan pihak yang paling ‘tertekan’ dalam ritual arus balik mudik, sehingga disarankan ada 2 driver jika perjalanan lebih dari 6 jam untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

Masalah pertama dan paling sering diabaikan adalah mengantuk. Risikonya adalah serangan microsleep yang sangat berbahaya jika tidak segera diatasi dengan tidur meskipun hanya 30 menit.

Selanjutnya adalah kesulitan mengendalikan emosi sebagai dampak dari padatnya arus lalu lintas.

Masalah lainnya adalah penyakit yang dapat mengurangi konsentrasi meskipun hanya flu dan batuk ringan.

Oleh sebab itu, pastikan tubuh selalu dalam kondisi prima dengan tidur yang cukup minimal 6 jam sebelum berangkat dan minum vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kendalikan emosi dengan mengingat bahwa penumpang mobil adalah anggota keluarga tercinta.

2. Perhatikan Kondisi Jalan

Rute yang dilalui saat mudik maupun arus balik, bisa jadi bukan jalan yang biasa dilewati setiap hari. Alhasil, kita tidak memahami kondisi jalan, seperti posisi lubang yang dapat memicu kecelakaan.

Medan jalan yang belum pernah dilewati kerap pula membuat bingung, khususnya kalau rambu-rambu dan marka jalan kurang lengkap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat