androidvodic.com

Penjualan Kenaikan Listrik Terkatrol oleh Subsidi PPN - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Pemerintah memberikan insentif pembelian mobil listrik Wuling Air EV dan Hyundai Ioniq 5 mulai 1 April 2023 karena kedua mobil di atas telah memenuhi kriteria Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di atas 40 persen.

Dengan insentif pemotongan PPN 10 persen, harga Wuling Air EV saat ini dibanderol mulai Rp 222 juta - Rp 273 juta. Potongannya sekitar Rp 21 juta - Rp 26 juta.

Usai insentif diumumkan, penjualan mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) sendiri terus terakselerasi. Pada periode April, Wuling Air EV berhasil terjual lebih dari 700 unit. Performa penjualan bulan ini terpotong masa cuti lebaran yang cukup lama.

"Penjualan Wuling Air EV di April mencapai 747 unit dan saat ini suplai kita lancar. Jadi Air EV ready stock," tutur Brand and Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani kepada News, Senin (8/5/2023).

Senada dengan Wuling, Hyundai juga menyebut bahwa penjualan Ioniq 5 saat ini menunjukkan tren yang kian positif.

"Terkait penjualan Ioniq 5 pasca penerapan kebijakan insentif dari pemerintah menunjukkan tren yang positif. Animo yang positif dari konsumen ini pun sudah dirasakan sebelum kebijakan tersebut diberlakukan," ujar Head of PR PT Hyundai Motors Indonesia Uria Simanjuntak saat dihubungi News, Senin (8/5/2023).

Dia mengapresiasi langkah pemerintah yang konsisten memberi dukungan pada pengemasan mobil listrik di Tanah Air.

Baca juga: Anies Baswedan Sebut Kebijakan Subsidi Kendaraan Listrik Salah Sasaran

"Kami juga ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan yang telah diberikan oleh Pemerintah Indonesia untuk mobil listrik. Termasuk juga apresiasi bagi para konsumen yang telah memberikan sambutan yang sangat baik terutama untuk Ioniq 5 di Indonesia," imbuh Uria.

]Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Januari-Maret 2023 penjualan mobil listrik secara wholesale mencapai 1.800 unit.

Baca juga: Isi Pidato Anies Baswedan di Stadion Tennis Indoor Senayan 7 Mei 2023, Singgung Mobil Listrik

Angka ini meningkat hingga 2.700 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022, yang hanya tembus angka 64 unit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat