androidvodic.com

Nvidia Gandeng MediaTek Kembangkan Sistem Kendaraan Canggih - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, CALIFORNIA – Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Nvidia mengumumkan kemitraan dengan produsen chip asal Taiwan MediaTek untuk mengembangkan sistem infotainment kendaraan canggih.

Kemitraan ini akan membuat MediaTek mengintegrasikan chiplet dan perangkat lunak GPU Nvidia ke dalam system-on-chips (SoC), yang nantinya akan dipasok ke para produsen mobil untuk tampilan infotainment.

Sistem kendaraan canggih berbasis kecerdasan buatan (AI) tersebut akan berguna untuk melakukan streaming video hingga menjalankan permainan (game).

Baca juga: China Desak Jepang Hentikan Pembatasan Ekspor Chip

"Industri otomotif membutuhkan perusahaan kuat yang dapat bekerja sama dengan industri chip selama beberapa dekade dalam satu waktu," kata Jensen Huang, CEO Nvidia di acara pameran dagang teknologi Computex di Taipei, Senin (29/5/2023).

Huang juga menambahkan kemitraan tersebut akan menyediakan chip yang dapat menggerakkan "setiap segmen mobil".

Sementara itu, CEO MediaTek Rick Tsai mengatakan produk pertama yang akan dikembangkan bersama Nvidia rencananya akan diperkenalkan pada akhir 2025.

“Kemitraan dengan Nvidia akan memberi akses yang lebih luas ke pasar senilai 12 miliar dolar AS untuk sistem-on-chip infotainment,” kata Tsai.

Secara terpisah, Qualcomm yang merupakan pesaing utama MediaTek juga telah merambah industri otomotif.

Awal tahun ini Qualcomm dan SalesForce telah mengumumkan kemitraan bersama untuk mengembangkan platform kendaraan baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat