androidvodic.com

Empat Tips Mudah Cara Mengetahui Kapan Oli Motor Harus Diganti - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Oli mesin menjadi elemen penting untuk menjaga keawetan motor.

Namun sebagian pengguna sering mengabaikan hal ini. Hanya sedikit dari pemotor yang menyadari bahwa penggunaan oli yang baik dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kinerja optimal dan juga untuk membuat awet umur mesin motor anda agar tidak mudah aus dan rusak.

Tidak ada salahnya memahami bahwa salah satu langkah perawatan terpenting untuk motor adalah dengan melakukan penggantian pelumas atau oli secara teratur dan sesuai petunjuk.

“Sebenarnya pemilik motor bisa menemukan informasi lengkap mengenai berapa km ganti oli motor ini dalam setiap buku manual motor yang disertakan setiap kali pembelian," ujar Agus Arianto, yang merupakan owner bengkel spesialis service dan upgrade performa kendaraan Modifika di Pinang, Kota Tangerang. 

Dia mengatakan, pada umumnya, penggantian oli motor dianjurkan dilakukan setiap 2.000 kilometer atau 1 bulan sekali, jadi dilihat mana yang lebih dulu.

Agus Arianto menjelaskan, dengan melakukan ganti oli secara rutin, akan membuat mesin kendaraan menjadi lebih terawat dan mempunyai performa dan efisiensi yang baik.

Dikutip dari akun instagram @modifika.official, berikut ini cara mengetahui kapan sebaiknya pergantian oli motor harus dilakukan:

1. Pakai Panduan Manual Pengguna

Hal termudah adalah dengan melihat buku panduan dan manual pengguna yang dibuat oleh pabrikan motor Anda. Di buku manual tersebut, terdapat informasi yang spesifik mengenai jangka waktu dan jadwal penggantian oli yang direkomendasikan.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Motor Matik, Jangan Terlambat Ganti Oli Transmisi

Pabrikan motor telah melakukan penelitian dan pengujian yang cermat untuk menentukan interval yang tepat berdasarkan kondisi mesin dan serta jenis oli apa yang seharusnya digunakan.

2. Cek Usia Pakai Oli

Selain melihat jarak tempuh, umur oli juga merupakan faktor penting. Kita harus paham bahwa oli mesin memiliki batas umur, terlepas dari jarak tempuhnya. Oli dapat teroksidasi dan terkontaminasi oleh kotoran mesin seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Marak Oli KW, Begini Cara Membedakan Pelumas Asli dan Palsu

Jika motor Anda sering digunakan dalam kondisi berat atau tidak aktif dalam waktu yang lama, disarankan untuk mengganti oli setiap 6 bulan atau sesuai dengan rekomendasi produsen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat