androidvodic.com

Empat Cara Cegah Mobil Overheat, Nomor 2 Terlalu Dingin Bikin Mesin Boros - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Saat musim kemarau, pemilik mobil perlu perhatian ekstra dalam merawat mobil agar terhindar dari kondisi mesin mengalami panas berlebih atau overheat.

Overheat adalah keadaan suhu mesin mobil yang terlalu tinggi. Jika dibiarkan, kondisi ini akan berdampak buruk bagi kendaraan.

Berikut tips mencegah mobil dari risiko overheat dari bengkel Auto2000:

1. Ganti Oli Teratur

Fungsi utama oli mesin adalah sebagai pelumas antar komponen mesin yang saling bergesekan untuk mengurangi risiko aus, sehingga dapat bergerak secara optimal sepanjang waktu.

Yang tidak kalah penting, oli juga membantu mendinginkan mesin dari panas yang timbul akibat gesekan antar komponen.

Panas yang diserap akan diteruskan oleh oli mesin ke dinding blok mesin untuk selanjutnya dilepaskan keluar atau ditransfer ke radiator coolant.

Dari sini terlihat betapa krusial tugas oli mesin di cuaca panas. Pastikan oli mesin dan transmisi tetap terjaga kualitasnya dengan menggantinya secara berkala.

2. Periksa Kondisi Radiator Mesin

Tugas utama menjaga suhu kerja mesin ada pada radiator. Cairan radiator akan bersirkulasi lewat blok mesin untuk melepaskan panas.

Dalam praktiknya ada berbagai komponen berperan, seperti radiator, kipas pendingin radiator, tutup radiator, thermostat, tabung cadangan cairan radiator, selang dan sambungan, serta radiator coolant.

Semua komponen penting tersebut bekerja dan memastikan suhu kerja mesin berada di level ideal sehingga tidak terlalu dingin (overcool) atau terlalu panas (overheat).

Terlalu dingin akan membuat mesin boros dan tidak bertenaga, sementara overheat dapat membuat komponen mesin rusak bahkan mogok.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat