androidvodic.com

Menhub Ajak Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik untuk Turunkan Polusi Udara Jakarta - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik agar tercipta kualitas udara yang baik khususnya di Jakarta.

Dia mengklaim, dengan beralih dari memakai kendaraan konvensional ke kendaraan listrik akan bisa menurunkan polusi udara di Jakarta. Menurutnya, kontribusi kendaraan bermotor bahan bakar fosil terhadap polusi udara itu lebih dari 50 persen.

Terlebih masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas normal setelah pandemi Covid-19, akhirnya membuat polusi di Jakarta meningkat.

"Kami mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. Kalau penggunaannya menjadi masif, diharapkan dapat menurunkan polusi yang terjadi di kota-kota besar," ujar Menhub dalam pernyataan tertulis dikutip Senin (14/8/2023).

Dia menjelaskan, industri sepeda motor listrik baik kendaraan baru maupun konversi terus diakselerasi oleh Pemerintah.

Kemenhub telah menerbitkan Permenhub Nomor PM 39 Tahun 2023 tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai untuk mempercepat terbentuknya ekosistem sepeda motor listrik melalui peningkatan pelayanan pengujian tipe sepeda motor konversi.

Baca juga: Skuter Listrik Honda EM1 e: Resmi Meluncur, Harga Rp 40 Juta Sampai Rp 45 juta.

"Mengapa konversi, jadi kalau motor listrik baru itu bagus. Tetapi kalau konversi, kami berupaya mengubah dari motor bbm yang sudah ada dan jumlahnya sangat banyak," ungkapnya.

Menhub menyarankan kepada produsen kendaraan listrik agar membuat spesifikasi baterai yang standar agar memudahkan masyarakat.

Baca juga: ION Mobility Perbarui Eksterior Skuter Listrik M1-S, Versi Produksi Rilis di Kuartal I 2024

Ia juga berharap, ekosistem kendaraan listrik dapat terus dibangun sehingga kualitas kendaraan listrik semakin baik dengan harga yang terjangkau. "Dengan adanya industri nikel di Indonesia, akan menjadikan ini lebih baik, dengan harga yang lebih murah," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat