androidvodic.com

Kantongi SRUT dan SKRB, 17 Industri Karoseri Truk Dapat Penghargaan di GIIAS 2023 - News

News, JAKARTA - UD Trucks Indonesia memberikan penghargaan kepada 17 perusahaan karoseri kendaraan niaga yang dinilai berhasil dalam implementasi aspek keamanan dan keselamatan pada produk karoseri yang mereka hasilkan dengan tetap mengacu pada persyaratan keselamatan Kementerian Perhubungan RI.

Penyerahan penghargaan untuk ke-17 industri karoseri tersebut dilakukan di booth UD Trucks di hari keenam pameran GIIAS 2023, Selasa 15 Agustus 2023.

Mengacu pada peraturan Kementerian Perhubungan RI pembuatan karoseri kendaraan harus disertai dengan sertifikasi dan persetujuan dari Kemenhub dan persetujuan diberikan melalui penerbitan Surat Keterangan Rancang
Bangun (SKRB), yang memberikan legitimasi hukum atas pembuatan badan kendaraan komersial termasuk untuk UD Trucks.

Proses pengajuan SRUT (Deskripsi Desain Bodi Kendaraan) dan SKRB biasanya memakan waktu sekitar satu bulan untuk pengajuan SRUT diikuti dengan tambahan dua minggu untuk penerbitan SKRB.

Manfaat yang dihasilkan dari kepatuhan ini berlaku baik bagi pelanggan maupun karoseri itu sendiri. Bagi pelanggan, kepastian karoseri yang sesuai dengan aturan akan mempercepat proses pembelian kendaraan komersial dan penerbitan dokumen-dokumen yang dibutuhkan termasuk STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan Keur
(Pemeriksaan Kendaraan).

Product Development UD Trucks Indonesia, Catur Satyawira mengatakan UD Trucks berupaya memastikan semua persyaratan keselamatan terpenuhi sebelum melepaskan UD Trucks ke jalan raya. Proses ini membantu pelanggan dalam bisnis mereka, dan menghindari kendala waktu terkait keterlambatan pendaftaran.

Baca juga: UD Trucks Rayakan 10 Tahun Truk Quester di GIIAS 2023

Ke-17 karoseri yang mendapat penghargaan tersebut telah mengantongi sertifikasi SRUT dan SKRB untuk UD Trucks, terutama untuk aplikasi pada truk Quester dan truk Kuzer.

Wendri Wijaya, perwakilan dari Direktorat Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan RI dalam sambutannya juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada UD Trucks dan perusahaan karoseri.

Baca juga: UD Trucks Berbagi Tips Aman Berkendara ke 1.000 Driver

“Terima kasih kepada UD Trucks Indonesia dan para karoseri yang sudah mendukung kebijakan pemerintah dalam Zero ODOL (Overload Over Dimension) dengan memastikan ukuran kendaraan tidak melenceng dari yang ditetapkan," ujrnya.

Dia mengatakan, saat ini juga Kemenhub sudah menerbitkan SRUT kendaraan secara online, dimana proses penerbitannya menjadi satu minggu lebih cepat,

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat