androidvodic.com

Spesifikasi Audi A8 L Security, Mobil Anti Peluru yang Ditumpangi Presiden Jokowi di KTT G20 India - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, NEW DELHI – Berbagai kendaraan canggih disiapkan Pemerintah India untuk menyambut sejumlah kepala negara di Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 yang berlangsung di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan.

KTT G20 di India diselenggarakan selama tiga hari mulai dari 8 hingga 10 September 2023, sejumlah kepala negara dunia termasuk presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan hadir dalam delegasi KTT G20 India untuk membahas pembangunan ekonomi global.

Tak seperti Indonesia yang menghadirkan sejumlah mobil listrik canggih terkini pada KTT ASEAN ke-43, India justru menyediakan beberapa model mobil anti peluru untuk memudahkan akomodasi para pemimpin negara yang hadir dalam KTT G20 India.

Salah satunya kendaraan yang mencuri perhatian publik baru – baru ini yakni Audi A8 L Security. Mobil besutan perusahaan Audi yang berbasis di Jerman ini sempat digunakan presiden Jokowi selama sebagai kendaraan operasional selama pelaksanaan KTT.

Tak seperti mobil lainnya, Audi A8 L Security telah memiliki sertifikasi perlindungan balistik VR9 diklaim sebagai kendaraan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Ini lantaran Audi A8 L Security memiliki kekuatan untuk menahan terjangan proyektil senapan AK-47, granat, hingga ranjau darat.

Uniknya, Audi A8 L Security mendesain tangki bahan bakar dengan sistem segel otomatis yang dibekali part baterai dan elektronik intercom, sehingga mobil ini dapat menghindari ledakan apabila terjadi penembakan, sebagaimana yang dikutip dari motor1.

Baca juga: Pesawat Mogok, PM Kanada Justin Trudeau Tak Bisa Pulang dari KTT G20 India

Audi A8 L Security juga memiliki sistem pemadam kebakaran dengan nozzle di kompartemen mesin, bagian bawah bodi mobil, serta velg.

Untuk mencegah kejadian tak terduga, sistem udara segar turut disediakan agar kalangan VIP yang jadi penumpang dapat bernafas apabila dalam keadaan darurat.

Baca juga: Tengah Malam, Presiden Jokowi Tiba di Tanah Air Usai Hadiri KTT G20 India

Sistem keamanan lain yang dimiliki Audi A8 L Security yaitu adanya run flat tyre dengan velg ukuran 20 inci. Dengan ban ini, memungkinkan mobil tetap melaju di kecepatan 80 km per jam dalam keadaan bocor atau kempis.

Namun apabila mobil dalam keadaan normal, Audi A8 L Security yang berbobot 3,9 ton dapat melaju di kecepatan tertinggi yakni 210 km per jam dan berakselerasi 0-100 km per jam dengan waktu 6,3 detik.

Dari segi harga, Audi A8 L 2023 saat ini masih dibanderol dengan harga yang relatif mahal yakni dikisaran 750.000 dolar AS atau sekitar Rp 11,5 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat