androidvodic.com

Daimler Luncurkan Truk Tambang Actros Bertenaga 625 Horse Power di Mining Indonesia 2023 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan tractor head Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4 untuk mendukung kebutuhan industri tambang dan transportasi logistik di pameran Mining Indonesia 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 13 September 2023.

Actros 4063S 6x4 merupakan truk heavy duty dengan tenaga paling jumbo di kelasnya dan di antara truk heavy duty Actros series yang DCVI pasarkan di Indonesia, yakni mencapai 625 horse power.

"Power rating ini merupakan one of biggest," ujar Faustina, Manajer Produk dan Sales DCVI di acara pengenalan di hari pertama Mining Indonesia 2023.

Baca juga: United Tractors Kenalkan Ekskavator Listrik New 20 Ton Class, Bisa Beroperasi 8 Jam Sekali Cas

Dia menjelaskan, seri terbaru Mercedes-Benz Actros 4063S, yang mengalami peningkatan tenaga mesin untuk menjawab kebutuhan jasa pertambangan untuk truk yang efisien dan mempunyai torsi memadai.

Truk ini ditenagai mesin Mercedes-Benz seri OM 473 berkapasitas15,6 liter dengan torsi puncak 2.800 - 3,000Nm dengan transmisi powershift advance generasi ketiga dengan dan turbo clutch untuk mengurangi potensi selip di kopling ketika membawa muatan berat terutama di jalan menurun.

Turbo clutch di truk ini dikombinasi dengan retarder, sebagai fitur baru untuk menahan kecepatan truk ketika menghadapi jalan menurun saat membawa sarat muatan.

Faustina menjelaskan, semua fitur ini merupakan fitur terbaru demi memberikan benefit lebih kepada para pengguna truk Mercedes-Benz. "Truk ini benar-benar baru karena kita bawa ke pameran ini setelah tiba di port (pelabuhan) Minggu malam lalu," ungkapnya.

Fitur lainnya adalah Power Take Off (PTO) tipe Transmission PTO-Spline dengan perbandingan dan putaran 0.95 counter clockwise dan dikendalikan dengan Electro Pneumatic.

Demi bisa mengangkut beban sangat berat di medan operasi tambang dan jalan raya, Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4 dibekali subframe yang kokoh.

Untuk mendukung pengereman terutama di jalan menurun truk ini dilengkapi dengan high performance engine brake.

Untuk memberikan kenyamanan maksimum pengemudi selama mengoperasikan truk ini, Daimler melengkapinya dengan kabin lega terytama saat mengoperasikan long haulage.

"Ada 2 fokus pasar yang kita garap untuk truk ini, demi memenuhi permintaan on road dan offroad. Ini model truk tractor head dengan tenaga tertinggi. Karena kita hadirkan di pameran mining, kita fokus untuk pasar kontraktor tambang," beber Faustina.

Mercedes-Benz Actros 4063S 6x4 diproduksi di pabrik Daimler di Stuttgart, Jerman. "Kami baru bawa 1 prototipe ke pameran ini tapi spesifikasi untuk pasar Indonesia sudah fixed seperti yang kita bawa ke sini," ujar Faustina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat