androidvodic.com

Mobil Terbang EHang 216 Curi Perhatian Presiden Jokowi di KAI Expo 2023 - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Event KAI Expo 2023 kembali di gelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Dalam acara ini, Prestige Aviation menampilkan mobil terbang EHang 216. EHang 216 merupakan kendaraan udara yang 100 persen menggunakan tenaga listrik, dilengkapi dengan 16 baling-baling dan 8 lengan yang dapat dilipat.

Kemampuan terbangnya mencapai ketinggian 3.000 meter, dapat menempuh perjalanan sejauh 35 kilometer hanya dalam 21 menit dengan beban maksimum 230 kg (2 penumpang).

Baca juga: Kerja Sama dengan Hyundai, IKN Bakal Ada Jalanan Bawah Tanah hingga Mobil Terbang

Penampilan EHang 216 berhasil menarik perhatian Presiden Joko Widodo. Presiden sempat merasakan nuansa kabin dari mobil terbang tersebut.

Selain Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga sempat berkomentar bahwa teknologi kendaraan ramah lingkungan tersebut cukup menarik perhatiannya.

"Taksi terbang, wah menarik. Pak Presiden sangat excited mencoba itu. Pak Presiden mau mencoba, kita akan coba. Tapi memang satu teknologi baru itu pasti kita harus terima dengan baik," tutur Budi Karya, di acara KAI Expoa 2023, Jumat (29/9/2023).

Menurut Menhub, pemerintah berencana akan mengembangkan kendaraan tersebut sebagai transportasi publik.

Akan tetapi, faktor keamanan harus menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, untuk mewujudkan mimpi agar kendaraan terbang itu bisa wira-wiri di Indonesia, pemerintah harus mematangkan regulasinya.

Executive Chairman Prestige Aviation Rudy Salim, menjelaskan mengenai spesifikasi dan berbagai keunggulan dari EHang 216 secara langsung kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya yakin Urban Air Mobility adalah masa depan transportasi Indonesia. Semoga dengan komitmen kami, dapat memajukan transportasi Indonesia," ucap Rudy.

Rudy menyatakan kesiapannya untuk melakukan investasi dan melakukan Uji Terbang di IKN (Ibu Kota Nusantara), seperti EHang yang sudah dicoba dengan penumpang di beberapa negara diantaranya China, Belanda dan Austria.

"Sebelumnya lewat kerjasama kami dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), unit EHang 216 pertama di Indonesia berhasil melakukan demo terbang di Bali bulan November 2021, kerjasama dengan Polri dalam surveillance penanganan bencana Gunung Semeru dan sukses dalam sejumlah demo terbang di Bandar Udara Pondok Cabe, di area JIExpo saat event Indonesia International Motor Show dan yang terbaru acara Periklindo Electric Vehicle Show 2022," terang Rudy.

EHang 216 juga berperan sebagai transportasi yang membantu melancarkan berbagai event otomotif, sirkuit balap maupun melakukan pengawasan berbagai turnamen dan sirkuit balap.

Selain itu, EHang 216 juga dapat digunakan untuk memikat para wisatawan, memajukan sektor pariwisata seperti di Bali, Lombok dan berbagai destinasi wisata unggulan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat