androidvodic.com

Electrum, Produsen Motor Listrik Pertama Pemakai Platform 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Startup Electrum menjadi merek sepeda motor listrik pertama di Indonesia yang menggunakan platform 3DEXPERIENCE dari Dassault Systemes untuk proses riset dan pengembangan hingga rancang bangunnya.

Electrum merupakan perusahaan patungan motor listrik antara Emiten tambang PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Electrum.

Dassault Systèmes sendiri saat ini sedang aktif memperkenalkan platform 3DEXPERIENCE untuk pasar kendaraan listrik Indonesia (EV) guna menjawab visi negara mengenai transportasi berkelanjutan.

Oleh Electrum, platform 3DEXPERIENCE digunakan sebagai platform teknologi tunggal untuk memfasilitasi pengembangan dan industrialisasi seri pertama sepeda motor listrik Electrum.

Platform ini menyediakan sumber tunggal untuk komunikasi, kolaborasi dan kontinuitas data, sehingga memastikan alur kerja proses desain yang komprehensif berjalan tanpa hambatan.

Dengan menggunakan platform 3DEXPERIENCE, proses desain sampai produksi sebuah kendaraan listrik menjadi jauh lebih cepat.

Baca juga: Insentif Subsidi Sudah Digulirkan, Tapi Populasi Sepeda Motor Listrik di Indonesia Masih Rendah

Produksi seri pertama sepeda motor listrik Electrum yang menggunakan perangkat lunak ini sudah diproduksi dan siap dipasarkan.

"Electrum adalah pelanggan EV Dassault Systèmes pertama di Indonesia. Dassault Systèmes fokus pada penyediaan keahlian teknologi dan industrinya bagi industri EV Indonesia dalam membantu transisi negara ini menuju transportasi rendah karbon berkelanjutan," ungkap Guillaume Gerondeau, Vice President, Transportation and Mobility Industry Asia, Dassault Systemes dalam acara diskusi dengan media di Jakarta, Kamis, 26 Oktober 2023.

Dia mengatakan, Dassault Systemes memiliki software untuk semua sektor industri.

"Untuk membuat kendaraan seperti mobil, obat bahkan barang jenis apapun, software Dassault System bisa membuat prototipenya dan melakukan simulasi produksinya seperti dilakukan Boeing untuk 3D mock up, Toyota dan sebagainya," ungkapnya.

Dia menambahkan, 3DExperience Center mampu membuat model yang sangat mendekati aslinya.
Maka itu, perangkat lunak ini jadi game changer dan akselerator inovasi di masa datang.

Dia menambahkan, penggunaan platform 3DEXPERIENCE bisa menurunkan lead time hingga 30 persen, menekan perubahan desain hingga 40 persen dan menghemat biaya pengembangan hingga 30 persen.

Disebutkan, saat ini 9 dari 10 startup EV mengandalkan solusi Dassault Systèmes – khususnya platform 3DEXPERIENCE dan aplikasi CATIA – untuk pengembangan virtual mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat