androidvodic.com

Menjajal Performa Mobil Hybrid Suzuki di Sagara Test Track - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistiyono

News, SAGARA - Melanjutkan rangkaian kegiatan untuk lebih mengenal teknologi dan produk mobil hybrid dari Suzuki di Jepang, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak media dari Indonesia merasakan secara langsung keunggulan 3 mobil hybrid Suzuki lewat kesempatan test drive.

Test drive ini dilakukan di salah satu fasilitas lintasan pengujian milik Suzuki Motor Corporation (SMC) yaitu Sagara Test Track yang berada di kawasan Suzuki Sagara Plant - Makinohara City, Shizuoka Prefecture, Jepang.

Kesempatan ini menjadi istimewa karena baru diadakan untuk pertama kalinya bagi media dari Indonesia.

Tujuan utama kegiatan ini selain mencoba model mobil Suzuki yang dipasarkan di Jepang, namun juga untuk mempelajari bagaimana mengemudikan dan mengoptimalkan kinerja teknologi hybrid pada mobil Suzuki agar manfaat yang diberikan dari teknologi tersebut dapat diraih dengan baik.

Untuk mengakomodir hal tersebut, Sagara Test Track dipilih karena lintasan cukup luas dan memadai. Lintasan yang digunakan memiliki panjang sekitar 4,5 km dengan bagian utama berbentuk oval.

Selain itu, terdapat juga berbagai kontur lintasan berbeda yang dirancang menyerupai kondisi jalan raya pada umumnya untuk mendapatkan impresi berkendara secara realistis.

Dalam kondisi sehari-hari, lintasan yang berada di kawasan pabrik Suzuki terbesar di Jepang tersebut (1,973,000 m2) digunakan untuk menguji kelayakan mobil hasil produksi, maupun untuk pengembangan dan uji coba model baru yang nantinya akan diproduksi oleh Suzuki.

Tiga model mobil hybrid Suzuki turut disiapkan untuk dicoba, antara lain Hustler Turbo Hybrid, XBEE Hybrid, Escudo Hybrid (strong hybrid model).

Baca juga: Suzuki Swift Generasi Baru Bermesin Mild Hybrid 1.200 CC Mendebut di Japan Mobility Show 2023

Masing-masing model tersebut memiliki desain dan karakter yang berbeda. Hustler Turbo Hybrid merupakan Kei-car (mobil ringan) bergaya SUV yang populer di Jepang.

Sedangkan XBEE Hybrid merupakan small-SUV yang memiliki kapabilitas sebagai crossover dan kompak untuk di perkotaan, sehingga cocok untuk digunakan oleh keluarga muda di Jepang.

Tidak hanya itu, sebuah Escudo Hybrid yang menggunakan sistem strong hybrid turut dicoba untuk mengetahui seperti apa kinerja dari teknologi yang lebih ramah lingkungan tersebut, sekaligus menjadi pengalaman merasakan SUV modern Suzuki yang lebih efisien.

Baca juga: Suzuki dan SkyDrive Kerja Sama Bikin Mobil Terbang

Menutup kegiatan test drive, sebuah model mobil Suzuki dengan karakter pengendalian menyenangkan turut dihadirkan untuk dicoba sebagai pengalaman berharga, yaitu Swift Sport

Dalam uji coba mobil hybrid Suzuki di lokasi, peran komponen Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-ion battery bisa langsung dirasakan manfaatnya.

Misalnya, Acceleration Assist yang meringankan kinerja mesin saat berakselerasi, Engine Auto-Stop yang dapat mengurangi penggunaan bahan bakar saat tidak diperlukan dan Regenerative Braking untuk mengisi kembali daya listrik pada Lithium-ion battery.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat