androidvodic.com

Skandal Uji Keselamatan, Toyota Indonesia Upayakan Pabrik Tetap Bisa Berproduksi - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Dugaan isu kecurangan dalam uji keselamatan pada model Daihatsu dan Toyota terus bergulir. Setidaknya ada 64 model menurut data dari Daihatsu Motor Co., yang terdampa, dimana 22 diantaranya merupakan model Toyota.

Terkait temuan ini, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan bersama dengan prinsipal.

"Kita sudah cek dengan principal khususnya produk di indonesia, ini bukan isu safety atau quality dan memenuhi regulasi Indonesia," tutur Anton saat dihubungi News, Kamis (21/12/2023).

Anton mengatakan, Toyota Indonesia saat ini berkoordinasi dengan pemerintah Indonesia untuk melanjutkan produksi mobil di pabrik Indonesia.

"Hari ini kami sedang koordinasi juga ke pemerintah, khususnya untuk melanjutkan produksi, siang atau sore nanti akan kita kabari," kata dia.

Keterangan resmi Toyota Motor Corporation (TMC) menyatakan, setidaknya ada enam model kendaraan Daihatsu dan Toyota Indonesia yang masuk dalam lini produksi hingga 20 Desember 2023.

Keenamnya adalah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya, Toyota Rush, Toyota Raize, Toyota Avanza, Toyota Veloz dan Yaris Cross.

Penyelidikan di Jepang terhadap skandal uji keselamatan di Daihatsu menemukan masalah pada 64 model, termasuk 22 model yang dijual dengan merek Toyota.

Terkuaknya skandal keselamatan ini membuat Daihatsu menghentikan pengiriman semua kendaraannya, baik ke pasar Jepang maupun pasar ekspor.

Baca juga: Toyota: Model yang Terdampak Skandal Keselamatan Daihatsu Termasuk yang Diekspor ke Indonesia

Sebuah panel independen telah menyelidiki Daihatsu setelah pada bulan April mengatakan pihaknya telah melakukan kecurangan dalam uji keselamatan tabrakan samping yang dilakukan pada 88.000 mobil kecil, sebagian besar dijual sebagai Toyota.

Baca juga: Daihatsu akan Setop Pengiriman Semua Kendaraan Akibat Masalah Keselamatan

Hari Rabu kemarin, 20 Desember 2023, Toyota Jepang menyatakan model-model kendaraan yang terkena dampak terkuaknya skandal uji keselamatan di Daihatsu juga mencakup sejumlah model yang mereka pasarkan ke Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Kamboja dan Vietnam.

Baca juga: Kondisi Masih Sangat Terawat, Toyota Kijang LGX Laku dengan Harga Fantastis Rp 200 Juta

Model-model kendaraan serupa yang terdampak adalah yang selama ini juga diekspor ke sejumlah negara di Amerika Tengah dan Amerika Selatan seperti Meksiko, Ekuador, Peru, Chili, Bolivia dan Uruguay.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat