androidvodic.com

Pasar Pick Up Double Cabin di Indonesia Belum Kuat, Toyota Putuskan Tetap Impor - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Toyota Indonesia memutuskan tetap mendatangkan pick up double cabin dari pabriknya di luar negeri meski manufaktur lokal bisa memproduksinya.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, menyampaikan untuk memproduksi sebuah mobil banyak faktor yang menjadi pertimbangan.

"Indonesia kuat di 3-row seater, itu kenapa kita kuat di Calya, Avanza, Innova. Kalau dilihat negara manapun di ASEAN, Indonesia adalah pusatnya. Tapi kalau pick up pusatnya adalah di Thailand. Jadi kalau memang Indonesia ingin mau memproduksi pick up, market pick up-nya harus diperbesar," tutur Anton di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Toyota menjual Hilux di segmen pick up double cabin. Namun model ini memiliki peminat kuat di Thailand dan Amerika Serikat.

Anton menyebut, sekitar 50 persen dari total penjualan pick up Toyota ada di Thailand, dengan volume hampir 400.000 unit.

Toyota juga setuju dengan berbagai rencana pemerintah yang ingin mendorong melokalkan produksi segmen pick up double cabin, namun harus kembali melihat segmen mana yang paling banyak digemari konsumen.

Baca juga: Kementerian Perhubungan Larang Operator Bus Gunakan Klakson Telolet, Bikin Tekor Angin

"Saya setuju kita ingin localize, tapi kita harus realistis juga bahwa Indonesia adalah negara yang peminatnya banyak 3-row seater," terang Anton.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat