androidvodic.com

66 Bengkel Siaga Suzuki Beroperasi 5-14 April di Jalur Mudik Sumatera, Jawa Hingga Bali - News

News, JAKARTA – Kementerian Perhubungan RI memprediksi puncak arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini akan terjadi pada 5 sampai 8 April 2014.

Sekitar 35,42 juta orang diprediksi akan mudik menggunakan mobil pribadi dan 31,12 juta orang mudik menggunakan sepeda motor,

Mendukung kelancaran pemudik selama arus mudik Lebaran tahun ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan mengoperasikan 66 Suzuki Bengkel Siaga di 66 lokasi jalur mudik di Sumatera, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Bali.

Rincian 66 Suzuki Bengkel Siaga ini, 56 posko merupakan bengkel siaga untuk roda empat dan 10 lainnya bengkel siaga roda dua. Posko Siaga Mudik ini akan beroperasi selama 10 hari mulai 5 sampai 14 April 2024. 

"Bengkel di Posko Siaga Mudik ini kita bagi dalam beberapa kategori, yakni buka full 24 jam, 18 jam dan 10 sampai 11 jam," ungkap Hariyadi, Assistant to Service Dept. PT SIS pada paparan di acara buka puasa dengan media di Bekasi, Kamis, 28 Maret 2024.

Dia menjelaskan, layanan bengkel di Posko Siaga akan melayani untuk kondisi-kondisi emergensi.

"Misal pas datang untuk keperluan servis dan pengecekan, misal kampas rem sudah waktunya ganti, bisa langsung ditangani.
Begitu juga misalnya pelat kopling bisa dicek apakah perlu penggantian atau bisa ditunda," ujarnya.

Setiap posko ada yang beroperasi 11 jam, 18 jam hingga buka nonstop selama 24 jam.

"Khusus pada arus mudik tahun ini kami juga membuka layanan emergency di 2 rest area Tol Trans Jawa di Rest Area 102A Tol Cipali dan Rest Arsa 456A Tol Salatiga," ungkap Renaldi, 4W Service Area PT SIS.

Renaldi menjelaskan, menjelang mudik seperti sekarang, terjadi kenaikan permintaan service kendaraan Suzuki di bengkel-bengkel resmi dan didominasi oleh kendaraan penumpang.

"Biasanya kendaraan mereka masuk sampai H-4 Lebaran. Saat H-3 Lebaran biasanya sudah jalan (melakukan perjalanan mudik)," ujarnya.

Baca juga: Rincian Biaya Tol Jika Mudik Pakai Kendaraan Pribadi Golongan I di Ruas Trans Jawa

Permintaan servis menjelang mudik biasanya mencakup pengecekan rem, bahan bakar dan penggantian oli.

"Ada 23 item yang kita cek dan kemudian kepada pemilik kendaraan akan diberikan rekomendasi apakah wajib langsung diganti atau bisa diganti setelah Lebaran," sebut Renaldi.

Dia menyebutkan, kendaraan tipe Ertiga lama mulai banyak permintaan servis karena ini merupakan model yang penjualan tinggi di Suzuki. "Untuk Ertiga yang kilometer pemakaiannya sudah di atas 40 ribu biasanya ada penggantian parts," bebernya.

Baca juga: Bluebird Siap Ramaikan Bisnis Bus AKAP Lewat Bendera Cititrans, Kelas Suite Class Unit Jetbus 5

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat