androidvodic.com

Pelemahan Rupiah Hingga Tembus Rp16.000 per Dolar AS Bikin Untung Toyota? Ini Kata Wakil Dirut TMMIN - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Pabrikan otomotif terbesar di Indonesia, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melihat melemahnya rupiah terhadap dolar dari dua sisi.

Wakil Direktur Utama TMMIN Bob Azam, mengatakan nilai tukar rupiah yang terus melemah akan berdampak pada suplai komponen yang masih didatangkan dari luar negeri.

"Rupiah melemah pasti akan berdampak terhadap beberapa komponen yang masih impor," tutur Bob saat dihubungi News, Rabu (17/4/2024).

Baca juga: Rupiah Melemah Apa Dampaknya Terhadap Harga Sepeda Motor?

Walau begitu, kondisi tersebut juga bisa membawa dampak positif bagi perusahaan yang berorientasi pada ekspor.

Produk dari perusahaan tersebut bisa menjadi lebih murah di pasar global, sehingga membuka peluang lebih luas untuk memperoleh pelanggan baru.

"Sebaliknya, untuk ekspor bisa dapet gain. Jadi ada plus minusnya tergantung trade balance perusahaan tersebut," imbuh Bob.

Toyota Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang berorientasi pada ekspor.

Sepanjang Januari-Desember 2023, Toyota mampu mengapalkan 285.000 unit kendaraan T-brand.

Pengiriman mobil Toyota dilakukan hingga ke 100 negara di kawasan Asia, Amerika Selatan, Afrika, Timur Tengah, Australia dan Oceania.

Bukan cuma mobil berbahan bakar minyak yang banyak diminati pasar luar negeri, produk elektrifikasi buatan Toyota Indonesia juga kian digemari global.

Tercatat, ekspor Kijang Innova Zenix Hybrid mencapai 3.000 unit dan Yaris Cross Hybrid yang baru meluncur di pertengahan tahun 2023, dikapalkan lebih dari 6.400 unit ke konsumen global.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat