androidvodic.com

Yadea Mulai Bangun Pabrik Motor Listrik di Karawang Berkapasitas 3 Juta Unit Per Tahun - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, KARAWANG - PT Yadea Teknologi Indonesia memulai pembangunan fasilitas produksi sepeda motor listrik di kawasan industri Suryacipta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berkapasits 3 juta unit per tahun.

Pabrik ini dibangun di atas lahan 270.000 meter persegi dengan total investasi dari tahun 2024 hingga 2028 sebesar 150 juta dolar AS dijadwalkan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Pabrik baru Yadea mengintegrasikan teknologi produksi mutakhir, menampilkan sistem konveyor gantung perintis untuk produksi real-time dan sesuai permintaan.

Jalur perakitan otomatis dan pengelasan robotik memastikan proses produksi yang cepat dan efisien, menghasilkan sepeda motor listrik hanya dalam 35 detik.

General Manager Perusahaan Manufaktur Yadea Indonesia Wang Jinlong, menyampaikan langkah strategis ini secara efektif memenuhi permintaan yang terus meningkat akan kendaraan roda dua listrik berkualitas tinggi di pasar Indonesia.

"Di tengah upaya global untuk mencapai netralitas karbon, langkah-langkah proaktif yang diambil oleh pemerintah Indonesia untuk mempromosikan industri kendaraan roda dua listrik juga patut diperhatikan," ungkap Wang Jinlong di acara ground breaking pembangunan pabrik motor listrik Yadea Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Senin (13/5/2024).

Dia bilang, pendirian pabrik ini akan menciptakan lebih banyak kesempatan kerja secara lokal, mendorong pengembangan rantai industri terkait dan mendukung Indonesia dalam mencapai tujuan transportasi yang berkelanjutan.

Baca juga: Investasi Rp 1,9 Triliun, Sunra Bangun Pabrik Motor Listrik di Kendal

"Kami berharap Yadea dapat terus memanfaatkan keunggulan teknologinya untuk menyediakan produk kendaraan roda dua listrik berkualitas tinggi ke pasar Indonesia,"  ujarnya.

"Pada saat yang sama, kami berharap lebih banyak perusahaan akan mengikuti jejak Yadea dan secara aktif berkontribusi pada upaya pembangunan industri dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia," imbuhnya.

Baca juga: Transportasi Penyumbang Utama Inflasi April 2024, Mendagri Minta Kemenhub Turunkan Harga Tiket

Sekretaris Jenderal Kemenperin dan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen KPAII Eko S.A. Cahyanto, mengatakan pendirian pabrik baru Yadea di Indonesia tidak hanya menunjukkan posisi terdepan di bidang kendaraan roda dua listrik, tetapi juga menyuntikkan vitalitas baru ke dalam perkembangan industri Indonesia.

"Pendirian pabrik ini akan menciptakan lebih banyak kesempatan kerja secara lokal, mendorong pengembangan rantai industri terkait, dan mendukung Indonesia dalam mencapai tujuan transportasi yang berkelanjutan," kata Eko.

"Kami berharap Yadea dapat terus memanfaatkan keunggulan teknologinya untuk menyediakan produk kendaraan roda dua listrik berkualitas tinggi ke pasar Indonesia."

"Pada saat yang sama, kami berharap lebih banyak perusahaan akan mengikuti jejak Yadea dan secara aktif berkontribusi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia," tutur Eko.

Foto : Ground Breaking pabrik Yadea Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Senin (13/5/2024). -Lita Febriani-

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat