androidvodic.com

Kisah Siswa Lulusan SMK Mitra Binaan AHM Sukses Kelola Bengkel Motor - News

News, DENPASAR – PT Astra Honda Motor (AHM) fokus melahirkan putra terbaik melalui lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mitra binaan Astra Honda, yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Saat ini, AHM dan main dealer Astra Motor Bali mengajak masyarakat setempat untuk melihat langsung hasil nyata salah satu lulusan terbaik SMK mitra binaan Astra Honda, yakni bengkel binaan milik I Putu Agus Eka Guncara Bisma (30 tahun) yang berdiri di Kabupaten Karangasem, Bali. 

Bengkel Bali Motor milik Agus terletak di lokasi strategis jalur provinsi yang menghubungkan Denpasar ke Karangasem dan Pelabuhan Padang Bay.

Baca juga: Ini Cara AHM Pastikan Keselamatan Pelanggan Selama Mudik Lebaran

Agus merupakan salah satu kisah sukses lulusan SMK Negeri 1 Manggis, Bali, sebagai sekolah mitra binaan Astra Honda yang berwirausaha melalui bengkel UMKM, dan tergabung dalam Astra Honda Youthpreneruship Program (AHYPP).

Tak hanya menyaksikan kisah suksesnya, masyarakat setempat juga dipacu untuk berpartisipasi aktif mengelola bengkel demi memberikan layanan terbaik untuk konsumen pengguna sepeda motor Honda.

Termasuk di antaranya masyarakat dan para calon pengusaha diajak aktif belajar menangani permasalahan konsumen hingga mengelola keuangan.

 
"Sejak didampingi Yayasan AHM, saya menjadi lebih kreatif dan adaptif dalam melayani konsumen. Saya terus berupaya memberikan kenyamanan kepada konsumen saat berkonsultasi maupun menunggu servis, kelengkapan spare part, dan garansi servis yang diberikan untuk menjaga kepercayaan konsumen,” ujar Agus ketika ditemui di Bali, Kamis (30/5/2024).

Melalui usaha bengkelnya ini, pemuda Bali yang lulus SMK tahun 2012 ini kini sudah mampu memberikan kesempatan bagi pelajar SMK untuk dapat Praktek Kerja Lapangan di bengkelnya, sekaligus menjadi panutan bagi anak muda yang menggeluti dunia pendidikan vokasi di Pulau Dewata.

Sebagai bukti, bengkel rintisannya mampu membukukan omzet lebih dari Rp 100 juta per bulan melalui bengkel perawatan sepeda motor dan penjualan suku cadang.

Agus kini menjelma jadi pengusaha muda yang mandiri.

Baca juga: Pasar Sepeda Roda Dua Lesu di Awal 2024, AHM Optimistis Momen Lebaran Dapat Picu Kenaikan Permintaan

Punya 4 karyawan bengkel, Agus akan melebarkan sayap usahanya di bengkel Honda dengan dukungan AHM.

"Saya benar-benar memulai dari nol,  Dari bengkel kecil," ujarnya 

Agus mendapatkan dukungan dari AHM mulai dari dukungan modal awal tanpa bunga, pelatihan, pendampingan, pembukuan, bantuan perangkat komputer, dan lainnya.

"Saya berterima kasih diundang pelatihan di Jakarta," ujarnya.

Seperti diketahui, AHM terus mendorong kemandirian ekonomi di kalangan generasi muda alumni SMK dengan mengembangkan Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP).

Program AHYPP telah dikembangkan sejak tahun 2017 dan secara konsisten memberikan pelatihan dan pendampingan puluhan bengkel milik wirausaha muda alumni SMK binaan yang tersebar di Aceh, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, Yogyakarta, hingga Pulau Bali.

Khusus di Bali, ada empat bengkel AHM dari alumni siswa SMK Mitra Binaan Honda  yang ada di Canggu, Kabupaten Badung, Kabupaten Karangasem, dan di Kabupaten Gianyar.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat