androidvodic.com

Sean Gelael Raih Podium di Balap 24 Jam Sirkuit Le Mans Prancis - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News - Pebalap Indonesia Sean Gelael meraih podium dalam race 24 Hours of Le Mans di Circuit de la Sharte, Prancis, Sabtu-Minggu (15-16/6/2024).

Sean Gelael dengan Team WRT 31 dengan memulai start dari P15, lalu sempat terperosok di P20 di kelas LMGT3.

Trio Sean Gelael-Augusto Farfus-Darren Leung di tengah lintasan kering dan basah, terang dan gelap, terus menaikkan posisi mereka hingga finis di posisi dua.

"Ya Allah, Alhamdulillah. Terima kasih banyak buat semuanya yang sudah mendukung dan mendoakan saya sehingga bersama tim bisa finis kedua lagi di Le Mans. Ini jadi semacam kompensasi untuk banyak hal," ucap Sean, Senin (17/6/2024).

Farfus dipercaya menjadi starting driver WRT 31, Team yang merupakan Global Partner Pertamax Turbo dan karena diprogramkan hanya berada di trek untuk selama satu stint, pebalap Brazil ini tak terlalu ngotot terutama dalam pemakaian ban.

Bahkan posisinya sempat turun ke P20 sebelum kembali ke P16 dan menyerahkan kendali ke Leung.

Leung di trek selama tiga stint dan posisi lomba masih pada kisaran P15 hingga P17. Ganti lagi ke Farfus dan posisi naik hingga ke P9, bahkan P7 memanfaatkan situasi pebalap lain saat pit stop.

Kendali WRT 31 kembali pindah ke Leung, di mana dalam rencana adalah tiga stint bersama mobil BMW M4 LMGT3.

Terjadi insiden Dries Vanthoor (BMW Hypercar #15) yang menyebabkan Safety Car (SC) masuk ke trek untuk perbaikan pagar pengaman sehingga membutuhkan waktu lama, Leung dipertahankan ada di trek hingga jatah mengemudinya sebagai pebalap Bronze mendekati keharusan enam jam. Ketika SC keluar, Leung masih mengemudi walau tidak terlalu lama.

Baca juga: Ramai Gaji Fantastis Marc Marquez di MotoGP 2025, Bayaran MM93 2 Kali Lipat dari Pecco Bagnaia

Saat balapan kembali normal dan lintasan bervariasi sebagian basah dan sebagian kering justru Leung punya kecepatan bagus.

Pebalap Inggris ini mampu di P8 dan menghabiskan jatah balapannya pada posisi 11 sebelum diserahkan ke Sean. Di tengah proses ini, pebalap Team WRT 46 Ahmad Al Harty tergelincir, menabrak tembok dan berhenti dari balapan.

Ketika Sean di trek, barulah perburuan posisi dimulai. Dia naik ke P8, lalu P7, terus P6 dan akhirnya P5 setelah melalui tiga stint sebelum menyerahkan kemudi ke Farfus.

Saat Farfus turun gunung ini SC kembali harus menetralisir lomba karena hujan turun sangat deras dan langit gelap lantaran masih dinihari, pebalap Cadillac nomor 311, Jack Aitken, tergelincir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat