androidvodic.com

Lebih Terjangkau Ketimbang Omoda E5, Aion Y Plus Dipasarkan di Harga Mulai dari Rp 415 Juta - News

Laporan Wartawan News, Choirul Arifin

News, JAKARTA - GAC Aion Indonesia resmi meniagakan mobil listrik pertamanya di pasar Indonesia, Aion Y Plus dalam 2 varian dengan harga jual mulai dari Rp 415 juta on the road Jakarta, Rabu, 19 Juni 2024.

Mobil ini diposisikan sebagai family SUV dengan kabin dua baris berkapasitas 5 penumpang dewasa.

CEO GAC Aion Indonesia Andry Ciu mengatakan, perbedaan antara kedua tipe terletak pada kapasitas baterai listriknya saja.

Aion Y Plus varian Exclusive memiliki jangkauan jarak tempuh sejauh 410 km dengan harga jual Rp 415 juta sementara varian Premium memiliki jarak tempuh 490 km dengan harga Rp 475 juta. Harga ini lebih murah dari SUV EV Chery Omoda E5 yang diluncurkan di Indonesia Mei 2024 lalu seharga Rp 488 juta.

Semua fitur di varian Premium juga terdapat di varian Exclusive.

Aion Y Plus OK
Aion Y Plus diniagakan dalam 2 varian yakni Exclusive dengan harga jual Rp 415 juta dan varian Premium Rp475 juta on the road Jakarta.

Untuk mendukung penjualan Aion Y plus pihaknya telah memiliki 7 jaringan dealer 3S di sejumlah kota di Indonesia. "Ini bukti komitmen kami dalam memasarkan mobil listrik Aion di Indonesia," ujarnya di acara peluncuran.

Di tahap awal Aion Y Plus diimpor utuh dari pabrik GAC di China. Tahap selanjutnya akan diproduksi secara CKD di pabrik Aion yang dibangun di kawasan Cikampek, Jawa Barat, dan akan beroperasi di kuartal IV tahun 2024 ini.

Baca juga: Segera Dipasarkan Juli, GAC Aion Uji Jalan Mobil Listrik Aion Y Plus di Jabodetabek

Andry mengatakan, model Aion Y Plus yang lebih dulu dipasarkan karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil keluarga dengan kabin yang lapang.

"Selain tenaganya yang besar, mobil memiliki dimensi besar untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat Indonesia," kata Andry.

Aion Y Plus memiliki jangkauan tempuh 490 kilometer. Artinya bisa digunakan untuk perjalanan Jakarta ke Bandung dan kembali ke Jakarta tanpa perlu isi ulang baterai.

Head unit Aion Y Plus.
Head unit Aion Y Plus.

Aion Y Plus memiliki dimensi panjang 4.535 mm, lebar, 1.870 mm, dan tinggi 1.650 mm dengan wheelbase 2.750 mm.

Hal menarik dari EV ini adalah desain lampu depan yang terlihat sangat cantik dengan tipikal lebar ke samping.

Mobil ini dilengkapi dengan fender mengesankan sebagai sebuah SUV crossover. Head unitnya sudah layar sentuh berukuran 14,6-inci, MID full digital seluas 10,25 inci dan panoramic roof.

Aion Y Plus menggunakan motor listrik 201 dk dan torsi tertinggi 225 Nm. Sementara baterainya menggunakan tipe lithium iron phosphate berkapasitas 63,2 kWh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat