androidvodic.com

Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap beserta Tinggi Net untuk Pria dan Wanita - News

News - Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim di dalam lapangan permainan yang dipisahkan oleh net.

Kendati demikian, ada versi yang berbeda untuk kondisi tertentu dan itu bertujuan agar bentuk permainan ini dikenal oleh semua orang.

Lantas, apakah kamu tahu berapa ukuran lapangan bola voli? dan berapa tinggi net untuk pria dan wanita?

Lapangan bola voli harus berbentuk persegi panjang dan simetris.

Ukuran lapangan bola voli adalah 18 meter x 9 meter (panjang 18 m, lebar 9 m) dengan dikelilingi daerah bebas minimal 3 meter di setiap sisinya.

Ruang bebas permainan adalah ruang di atas daerah permainan yang bebas dari segala halangan yang harus memiliki ketinggian minimal 7 m dari permukaan lapangan.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, daerah bebas harus berukuran 5 m dari garis samping dan 6,5 m dari garis akhir dan memiliki ketinggian minimal 12,5 m dari permukaan lapangan.

Baca juga: Berapa Ukuran Lapangan Sepak Bola? Ini Panjang dan Lebarnya

Hal di atas sebagaimana termuat dalam e-book Peraturan Resmi Bola Voli 2021-2024 yang telah disetujui oleh Kongres Dunia FIVB ke-37 2021 dan bidang perwasitan PP PBVSI.

Selain itu, permukaan lapangan bola voli harus datar, horizontal, seragam, dan tidak boleh sampai menimbulkan bahaya cedera bagi pemain.

Untuk kejuaraan FIVB, kejuaraan dunia dan kompetisi resmi lainnya, hanya lantai kayu atau sintetis yang diperbolehkan, sementara jenis lantai lainnya harus mendapat persetujuan dari FIVB terlebih dahulu.

Garis-garis pada lapangan bola voli dibagi menjadi 3 yakni garis batas, garis tengah, dan garis serang yang semuanya memiliki lebar 5 cm.

Lapangan permainan ditandai dengan dua garis samping dan dua garis akhir sebagai batas yang termasuk dalam lapangan permainan.

Kemudian poros dari garis tengah membagi lapangan permainan menjadi dua bagian lapangan yang sama dengan ukuran masing-masing 9 x 9 m.

Tetapi keseluruhan lebar garis tengah merupakan hak milik dari kedua lapangan. Garis ini merupakan kepanjangan dari net, menghubungkan garis samping ke garis samping lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat