androidvodic.com

Universitas Terbuka Kembali Raih Opini WTP: Bukti Integritas dan Transparansi Keuangan - News

News - Universitas Terbuka (UT) kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Heliantono & Rekan. 

Opini WTP adalah hasil dari proses audit oleh KAP Heliantono & Rekan, yang telah mengkonfirmasi bahwa laporan keuangan UT disusun dengan akurat, lengkap, dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. 

Hal ini memberikan keyakinan kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, dosen, staf, pemerintah, dan masyarakat umum, mengenai kesehatan keuangan dan keberlanjutan universitas.

Opini WTP ini juga mempertahankan status WTP yang telah diterima oleh UT sejak tahun 2012, saat UT menjadi PTN Badan Layanan Umum (BLU). Artinya, hal ini menunjukkan sejak pertama kali jadi PTN-BH, hasil audit terhadap laporan keuangan UT langsung berhasil meraih Opini WTP.

Opini WTP tersebut disampaikan dalam Exit Meeting Audit KAP Tahun 2024 untuk Laporan Keuangan UT PTNBH 2023 yang dilaksanakan pada Senin (27/05/2024).

Exit Meeting dilakukan secara hybrid di Ruang Sidang Operation Room Gedung BKUK-UT Lt. 1 dan turut dihadiri oleh Rektor UT beserta jajaran pimpinan dari Kantor Wakil Rektor; Komite Audit (KA); Majelis Wali Amanat (MWA); Pusat Pengelolaan Keuangan (Puslakeu), Pusat Perencanaan dan Pelaporan (Pusrenpor); Direktorat Manajemen, Sarana, Prasarana dan Umum (DMAU); Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM); Direktorat Sistem Informasi (DSI); Kantor Pengawas Intemal (KPI); dan jajaran tim dari KAP Heliantono & Rekan. Pimpinan di UT Pusat dan UT Daerah hadir secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Baca juga: UT Jadi Tuan Rumah NUDC 2024: Upaya Mencetak Talenta Unggul Menyongsong Indonesia Emas 2045

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., dan anggota Majelis Wali Amanat (MWA), Prof. Ainun Na'im, Ph.D. Setelah itu, tim auditor dari KAP Heliantono & Rekan memaparkan notisi audit. Hasil pemeriksaan audit meliputi Laporan Audit Independen (LAI), Laporan Hasil Audit (LHA), dan Management Letter.

Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., menyambut baik hasil pemeriksaan KAP yang menunjukkan tidak adanya kesalahan saji material, sehingga UT berhasil meraih opini "Wajar Tanpa Pengecualian". 

Audit laporan keuangan Universitas Terbuka melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap berbagai akun dalam laporan keuangan UT tahun 2023, termasuk penerimaan, pengeluaran, investasi, pengelolaan aset, teknologi informasi, dan lain-lain. 

Proses ini juga mencakup pengujian substantif terhadap transaksi dan saldo akun, serta penilaian kepatuhan universitas terhadap peraturan dan kebijakan yang berlaku.

Diterimanya Opini WTP ini menandai pencapaian luar biasa dan menjadi bukti nyata atas dedikasi UT dalam menjaga integritas dan ketelitian dalam penyusunan laporan keuangannya.

Baca juga: Upayakan Pemerataan Pendidikan, UT Gencar Tingkatkan Kualitas Pembelajaran lewat Kolaborasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat