androidvodic.com

Fakultas Kedokteran UKI Raih Akreditasi Unggul dari LAM-PTKes - News

News - Berdiri sejak 2 Desember 1962, Fakultas Kedokteran UKI yang sudah mencetak 5.816 dokter yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan mancanegara, baru saja meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes.).

Fakultas Kedokteran (FK) UKI meraih akreditasi Unggul dari LAM-PTKes., dengan rincian Program Studi Sarjana Kedokteran FK UKI sesuai SK LAM-PTKes Nomor 0365/LAM-PTKes/Akr/Pro/VI/2024 dan Program Studi Profesi Dokter FK UKI sesuai SK LAM-PTKes Nomor 0366/LAM-PTKes/Akr/Pro/VI/2024.

Re-akreditasi Fakultas Kedokteran UKI. Asessmen Lapangan, pada tanggal 4 Juni 2024 yang lalu, dibuka oleh Rektor UKI, Prof. Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA. Lima asesor dari LAM-PTKES yaitu Dr.dr. Supriatmo, M.Ked(Ped), Sp.A(K) dari Universitas Sumatera Utara; Dr. dr. Eva Rachmi, M.Kes, M.PdKed (Universitas Mulawarman); Prof. Dr.dr. Rizanda Machmud, M.Kes, FISPH, FISCM, Sp.KKLP (Universitas Andalas); dr. Sofiati Dian, Sp.S(K), M.Kes, Ph.D (Universitas Padjadjaran);  dan Sri Hartini, S.Kep., Ns., M.Kes.,Ph.D (Universitas Gadjah Mada).

Di hari ke-2 asesmen lapangan,  dengan ditemani oleh pimpinan Fakultas Kedokteran UKI, para asesor melakukan kunjungan ke 2 wahana pendidikan FKUKI, tempat para mahasiswa program studi profesi kedokteran melakukan praktik,  yaitu Puskesmas Kota Bogor Selatan, kemudian berlanjut kunjungan ke RS Pendidikan Utama, yaitu RSU UKI.  

Dalam kunjungan ke wahana pendidikan tersebut, FK UKI mendapat kehormatan yaitu kunjungan dari Tim Konsil Kedokteran dari Sri Lanka sebanyak 4 orang yang sedang melakukan studi banding di LAM-PTKes Indonesia.

Baca juga: Peringati Dies Natalis ke-70, UKI Berharap Dapat Terus Terlibat Membangun Pondasi Masa Depan

Komitmen peningkatan kualitas penelitian para dosen

Dekan FK UKI, Dr. dr. Robert Sinurat, Sp.BS (K) menjelaskan bahwa salah satu misi Fakultas Kedokteran UKI adalah menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi yang bermutu, mandiri dan inovatif berlandaskan nilai kristiani dan semangat nasionalisme dengan keunggulan pada bidang stunting dan penyakit tropis.

“Kami memiliki kegiatan tridharma yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu program kerja sama FK UKI dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, yaitu program “Live In” yakni mahasiswa FK UKI tinggal di desa, belajar di puskesmas, melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, khususnya untuk membantu upaya menurunkan angka stunting, yang disupervisi ataupun dibimbing oleh dosen FK UKI,“ jelasnya.

Fakultas Kedokteran UKI meraih akreditasi unggul ini karena komitmen peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian serta publikasi ilmiah para dosen. Dan juga penelitian hasil kolaborasi dosen dengan mahasiswa maupun dengan mitra yang terpublikasi pada jurnal internasional. 

Baca juga: Dies Natalis UKI ke-70, Rektor: Kehadiran AI Memberi Keuntungan sekaligus Mengancam Sisi Kemanusiaan

Demikian juga penelitian dosen yang mendapatkan hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang menghasilkan karya inovasi suatu prototipe Virtual Reality yang dapat membantu pembelajaran mahasiswa dalam praktikum. Begitu pula berbagai prestasi nasional dan internasional mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademik (minat dan bakat).

“FK UKI berkomitmen meningkatkan mutu lulusan yang berintegritas dan kompeten di bidang kedokteran, serta mampu bersaing di tingkat Asia, terutama ASEAN,” tambahnya.

Fakultas Kedokteran UKI mempunyai Rumah Sakit Pendidikan Utama sendiri yang letaknya di samping kampus FK UKI serta Rumah Sakit Pendidikan Jejaring (satelit dan afiliasi) yang tersebar di Jakarta dan luar Jakarta. 

Sarana prasarana proses pembelajaran di FK UKI antara lain ruang kuliah ampiteater dan datar, laboratorium multidisiplin, ruang skills-laboratory, ruang tutorial lengkap dengan e-board, laboratorium komputer, serta perpustakaan yang lengkap dan mahasiswa dapat mengakses buku dan jurnal digital dengan akun masing-masing.

Sekarang ini, Fakultas Kedokteran UKI sedang membuka penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025 hingga 18 Juli 2024, dan ujian saringan masuk pada tanggal 20 Juli 2024. 

Untuk kamu yang berminat masuk Fakultas Kedokteran, segera kunjungi pmb.uki.ac.id dan sekretariat FK UKI 021 2936 2032 ext 2460 atau 021 2936 2033 ext 2441 untuk pendaftaran.

Baca juga: Datang dalam Pengukuhan Rektor UKI, Bamsoet Kembali Tegaskan Pentingnya Pintu Darurat Konstitusi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat