androidvodic.com

Update Insiden Kebocoran Gas PLTP Dieng, Kementerian ESDM Turun Tangan Lakukan Investigasi - News

News - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pagi ini telah mengirimkan tim investigasi ke area Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sebelumnya, pada Sabtu (12/3/2022) sore terjadi insiden kebocoran gas di wilayah kerja Geo Dipa Unit Dieng, tepatnya PAD 28, Sabtu (12/3/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana.

"Tim investigasi Kementerian ESDM sedang menuju lapangan, jadi kami masih menunggu tim bekerja dulu," kata Dadan, Minggu (13/3/2022), dikutip dari Kontan.co.id.

Gas buang keluar dari pipa panas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng yang dikelola PT Geo Dipa Energi di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/4/2013). Potensi panas bumi di Dieng sebagai energi terbarukan sebenarnya sangat besar, yakni mencapai 400 megawatt
Gas buang keluar dari pipa panas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng yang dikelola PT Geo Dipa Energi di Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (14/4/2013). Potensi panas bumi di Dieng sebagai energi terbarukan sebenarnya sangat besar, yakni mencapai 400 megawatt ((KOMPAS / AGUS SUSANTO))

Baca juga: Kronologi Kebocoran Gas PLTP Dieng yang Tewaskan Satu Orang: Bermula saat Proses Pendinginan Sumur

Baca juga: Fakta-fakta Sumur Gas PLTP Dieng Bocor: Satu Pekerja Tewas, Polisi Sterilkan Lokasi Kejadian

Adapun akibat insiden ini seorang pekerja meninggal dunia dan delapan korban lainnya dirawat karena terpapar gas beracun. 

Lebih lanjut, Dadan juga mengatakan kejadian ini murni kecelakaan dan risiko kerja. 

Dengan demikian, pihaknya akan berkomitmen untuk melakukan pembinaan. 

"Kami terus meningkatkan pembinaan untuk menerapkan kaidah-kaidah keteknikan yang benar dalam pengelolaan panas bumi," ujar Dadan.

Pernyataan Resmi PT Geo Dipa

PT Geo Dipa Energi (Persero) memberikan pernyataan resmi mengenai kecelakaan kerja yang terjadi di wilayah kerja Geo Dipa Unit Dieng

Dalam keterangan persnya di laman Geo Dipa, menegaskan tidak terjadi ledakan di sebuah sumur, ataupun sumur pengeboran.

Insiden itu terjadi pada Sabtu (12/3/2022) pukul 14.55 WIB di PAD 28, yang belokasi di Dieng, Batur, Banjarnegara.

Kronologi kecelakaan berawal dari kegiatan quenching (pendinginan) sumur.

Seorang pekerja yang merupakan Pelaksanaa Pekerjaan Workover berinisiatif memeriksa relief valve (katup pelepas) di mud pump-1 (pompa lumpur) yang terbuka secara otomatis.

Baca juga: Pekerja Keracunan Gas di Proyek Sumur PLTP Dieng, PT Geo Dipa Energi Pastikan Tak Ada Ledakan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat