androidvodic.com

Masjid Raya Al Jabbar Ditutup Mulai Minggu Depan, Buka Lagi Pada 13 Maret 2023 - News

News, BANDUNG - Masjid Raya Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, akan ditutup sementara mulai Senin (27/2/2023).

Masjid Raya Al Jabbar akan kembali dibuka kembali pada13 Maret 2023 atau sepuluh hari menjelang Ramadan.

Baca juga: Ratusan Jemaah Hadiri Event Kemuslimahan di Masjid Raya Al Jabbar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan penutupan sementara ini memang direncanakan sejak awal. Setelah diresmikan, Al Jabbar diberi waktu dua bulan dikunjungi warga.

Kemudian setelahnya, akan ada evaluasi untuk  pengelolaan yang lebih baik.

"Jadi, ini mah sesuai jadwal, diberi waktu dua bulan, di rapat pertama saya sampaikan. Kita lihat cara masyarakat merespons Masjid Al Jabbar. Kan ada dinamika sebenarnya, makanya kenapa saya enggak banyak bereaksi macam-macam karena memang berproses," katanya di Gedung Sate, Jumat (24/2/2023).

Ia mengatakan kebetulan hal ini dilakukan menjelang Ramadan. Ia ingin masyarakat bisa khusyuk beribadah tanpa gangguan keamanan, ketertiban, atau kebersihan.

"Supaya enggak banyak gangguan, enggak ada terhalangi. Mau ibadah kesenggol-kesenggol aya katel, naon, di... ah! Sagala rupa," kata Ridwan Kamil.

Ia mengatakan keamanan pun sengaja dikondisikan dengan perbantuan dari TNI.

Baca juga: Pembangunan Masjid Al Jabbar Sebagai Simbol di Jawa Barat

Intinya, pihaknya akan beres-beres lagi, mengevaluasi, bagian mana saja yang berhasil, dan bagian mana yang kurang diperhatikan.

"Itu bagian dari proses. Sampai suatu hari nanti tempat itu seperti yang kita cita-citakan gitu ya, karena saya monitor juga mereka yang PKL itu paling warga lokal hanya 5 persen, 95 persen saya wawancara, kamu ti mana, aya nu ti Garut ti mana ya, dan modusnya macam-macam. Poinnya sudah kita sediakan ya pasti terbatas lah da ini mah bukan pasar ya," katanya.

Ia mengatakan menjelang Ramadan, pihaknya akan beres-beres Al Jabbar, dari mulai membersihkan karpet sampai berbagai fasilitas lainnya.

Supaya nanti saat Ramadan, sudah betul-betul nyaman dan bisa beribadah dengan khusuk.

Baca juga: Ridwan Kamil Akan Sediakan Zona PKL di Masjid Raya Al Jabbar

"Menyambut Bulan Suci Ramadan, Masjid Raya Al Jabbar akan ditutup sementara sesuai jadwal dari Senin 27 Februari-13 Maret, untuk penyempurnaan, perbaikan dan penataan ketertiban setelah dua bulan dibuka dengan antusiasme jamaah yang luar biasa dan dinamika," kata Ridwan Kamil melalui instagramnya.

Ia mengatakan penutupan sementara ini dilakukan agar di bulan Ramadan masyarakat bisa beribadah di sana dengan tenang, tertib, dan bersih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat