androidvodic.com

Tak Ada Hasil Konkret Pertemuan Tim Investigasi dan Ponpes Mahad Al-Zaytun, Ini Kata Panji Gumilang - News

News, BANDUNG - Tim investigasi hanya bertemu satu jam dengan pimpinan Pondok Pesantren Mahad Al-Zaytun, Panji Gumilang, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023).

Tida ada hasil konkret dari pertemuan singkat tersebut.

Baca juga: MUI Garut Desak Pemerintah Cabut Izin Al Zaytun, Haramkan Sekolah di Ponpes Pimpinan Panji Gumilang

Pertemuan itu hanya menghasilkan kesepakatan baru antara Tim Investigasi dengan Panji Gumilang.

Ketua Tim Investigasi, KH Badruzzaman, mengatakan, kesepakatan baru itu berupa permintaan waktu dari Panji Gumilang untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan tim investigasi.

"Tadinya kami ingin mengklarifikasi apa yang beredar di masyarakat dan di media, tapi tampaknya beliau itu minta waktu kepada kami untuk mempersiapkan jawaban yang akan kami pertanyakan, beliau meminta apa yang diklarifikasi kepada beliau," ujar KH Badruzzaman saat jumpa pers seusai pertemuan, Jumat (23/6/2023).

Menurutnya, tidak ada tenggat waktu yang pasti kapan Panji Gumilang akan memberikan jawaban kepada tim investigasi.

"Tadi itu tidak memberikan jangka waktu. Ada hasilnya, beliau datang hari ini tapi minta waktu untuk mempersiapkan jawaban," katanya.

Tim investigasi, kata dia, tidak dapat memaksa Panji Gumilang untuk menjawab semua pertanyaan yang disampaikan saat pertemuan.

Baca juga: Pondok Pesantren Al Zaytun Tuai Kontroversi, Anggota Komisi VIII DPR Minta Pemerintah Bersikap Tegas

"Kita kan klarifikasi, tidak bisa memaksa, beliau tidak mau, ya bagaimana," ucapnya.

Anggota tim investigasi yang juga sekretaris MUI Jabar, Rafani Achyar, menambahkan, total ada lima poin pertanyaan yang diajukan ke Panji Gumilang.

"Pertanyaan memang sensitif, tapi tidak keluar dari isu yang berkembang. Jumlah pertanyaan yang disampaikan itu ada lima, tapi saya tidak bisa menyampaikan isinya," ujar Rafani.

Ketua Tim Investigasi, KH Badruzzaman, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (23/6/2023).
Ketua Tim Investigasi, KH Badruzzaman, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (23/6/2023). (Tribun Jabar)

Rafani belum dapat memastikan apakah Panji Gumilang akan datang kembali ke Gedung Sate untuk memberikan jawabannya atau hanya melalui surat.

"Kalau beliau akan kembali lagi, kami akan terima, tapi kalau hanya mengirim jawaban juga akan diterima. Yang terpenting jawabannya," katanya. (*)

Panji Gumilang ogah bicara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat