androidvodic.com

Presiden Jokowi Kirim Sapi Simmental ke Desa Pemain Timnas Pratama Arhan - News

News, BLORA - Presiden Joko Widodo mengirimkan satu ekor sapi ke Dukuh Gumiring, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Sapi kurban Jokowi tersebut berjenis simmental dengan bobot lebih dari satu ton tersebut dikirim dari Ungaran Kabupaten Semarang ke desanya pesepak bola Timnas Pratama Arhan, Rabu (28/6/2023) pukul 05.00 WIB.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Kurban Sapi Limousin Berbobot 1.154 Kg di Masjid Istiqlal

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan) Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora, Tejo Yuwono mengatakan, sapi presiden Jokowi tersebut dalam kondisi sehat.

"Tadi sudah dicek oleh dokter alhamdulillah sehat, mulai dari tampak luar, termasuk lubang-lubang alami, mulut gigi sudah powel semua. Artinya, umurnya sudah 2,5 tahun lebih atau tiga tahun ke atas," ucap Tejo, di Dukuh Gumiring, Desa Sidomulyo, pada Rabu (28/6/2023).

Tejo yang merupakan seorang dokter hewan tersebut menjelaskan sapi yang baru sampai di lokasi, wajib diberikan makan dan minum seperti biasa.

Namun, 8 jam sebelum sapi disembelih, pihak takmir masjid tidak diperkenankan memberi makan kepada hewan tersebut.

"Manajemen takmir saya titip pesan sebelum sapi dipotong minimal 8 sampai 12 jam dipuasakan, dalam arti cuma dikasih minum," terang dia.

Baca juga: Sapi Kurban Jenis Limosin Milik Presiden Joko Widodo di Masjid Raya Sheikh Zayed Harus Sering Mandi

Dia mengatakan, sebelum disembelih, sapi perlu dipuasakan mempermudah organ-organ pencernaannya dan bagian dari kesejahteraan hewan.

"Diharapkan dengan seperti itu daging yang dihasilkan akan maksimal, karena bagaimanapun kondisi pemeriksaan ante mortem, itu sudah bagus. Pas sudah dipotong perlakuannya juga pengaruh, jadi jangan sampai hewan itu stres, dijegal dengan kasar dan sebagainya," kata dia.

Rencananya sapi jenis simmental tersebut akan disembelih pada Kamis (29/6/2023) seusai pelaksanaan ibadah shalat Idul Adha di Masjid Roudhotul Jannah, Dukuh Gumiring, Desa Sidomulyo.

Baca juga: Dewi Perssik Geram, Niat Serahkan Kurban Sapi Tapi Ditolak Ketua RT hingga Suruh Bayar Rp100 Juta

Selain sapi Jokowi, masjid tersebut juga akan menyembelih hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing.(*)

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Sapi Kurban Jokowi Dikirim ke Desa Tempat Tinggal Pratama Arhan di Blora

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat