androidvodic.com

Sapi Milik Personel Polsek Padang Panjang Terpilih Jadi Sapi Kurban Presiden Jokowi di Sumbar - News

News, PADANG - Sapi milik Aiptu Eko Setiawan terpilih menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo untuk Sumatera Barat (Sumbar).

Aiptu Eko Setiawan berdinas di Polsek Padang Panjang, Kota Padang Panjang, Sumbar.

Baca juga: Presiden Jokowi Kirim Sapi Simmental ke Desa Pemain Timnas Pratama Arhan

"Nama saya Eko Setiawan yang merupakan seorang anggota Polri. Saat ini menjabat sebagai Kanit 2 SPKT Polsek Padang Panjang yang ada di wilayah hukum Polres Padang Panjang," kata Eko Setiawan, Rabu (28/6/2023).

Eko Setiawan mengatakan sangat merasa senang saat sapinya terpilih menjadi sapi kurban presiden yang dipilih oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat.

"Sapi saya jenis limosin (sapi berwarna keemasan) dengan bobot lebih kurang 1.080 kilogram. Untuk jenis kelaminnya jantan," kata Eko Setiawan.

Selama beternak sapi, Eko Setiawan tidak terpikirkan dan tidak menargetkan sapi yang dipeliharanya akan menjadi salah satu sapi kurban di Provinsi Sumatera Barat.

"Jadi, sapi saya awalnya harus melewati beberapa tahapan seleksi dan akhirnya memenuhi syarat menjadi sapi kurban presiden," Eko Setiawan.

Baca juga: Sapi Kurban Jenis Limosin Milik Presiden Joko Widodo di Masjid Raya Sheikh Zayed Harus Sering Mandi

Eko Setiawan mengatakan telah menjadi peternak sapi sejak  2012 yang lalu, dikarenakan adanya waktu senggang setelah dinas menjadi anggota Polri.

"Selain itu, karena hobi juga. Sekarang sapi yang saya pelihara mencapai 25 ekor," katanya.

Ia bercerita untuk bibit sapi ini dibeli dari petani di Pasar Ternak Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

"Selanjutnya dirawat dan diberi makan dengan teratur, dijaga kebersihannya. Semoga tahun depan, sapi saya terpilih lagi menjadi sapi kurban presiden," pungkasnya.

Baca juga: Cerita Irfan Hakim Beli Sapi Golden Seberat 1 Ton untuk di Kampung Ibu, Sang Bunda Menangis Haru

Sekedar informasi, sapi tersebut bakal disembelih besok seusai salat Idul Adha. Diketahui, pemerintah menetapkan Idul Adha 2023 jatuh pada Kamis (29/6/2023).

Sementara itu, sebagian masyarakat sumbar telah merayakan Idul Adha hari ini, Rabu (28/6/2023).

Penulis: Rezi Azwar

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul Sapi Kurban Presiden Jokowi untuk Sumbar Didatangkan dari Padang Panjang, Pemiliknya Anggota Polri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat