androidvodic.com

Sirkuit Ratona Motorsport Palopo Diyakini Bawa Dampak Positif Terhadap Ekonomi Masyarakat - News

News, PALOPO - Ajang balapan motor pada Kejurnas Motoprix region Sulawesi berlangsung di Kota Palopo sejak 29 Juli hingga 30 Juli 2023.

Pergelaran ini tidak hanya menjadi kebanggaan masyarakat kota Palopo saja tetapi juga hampir seluruh masyarakat Sulawesi Selatan.

Hal ini tidak lain karena mereka kini memiliki ikon baru yakni Sirkuit Ratona Motorsport Palopo.

“Sirkuit itu tidak hanya menjadi icon baru masyarakat Palopo dan Sulawesi Selatan, tetapi juga menjadi sebuah peradaban baru bagi dunia balapan motor di Indonesia,” ujar Farid Kasim Judas yang merupakan satu tokoh muda Palopo, Minggu (30/7/2023).

Mengapa dikatakan peradaban baru bagi dunia balapan motor, lanjutnya, karena tidak lain lintasannya sangat Panjang serta memiliki tikungan yang menantang.

Baca juga: Buka Pasar dan Cari Investor, UMKM Didorong Manfaatkan Teknologi Digital

“Panjang lintasannya sejauh 1,7 kilometer dengan 10 tikungan yang sangat menguji skil serta adrenalin para pembalap sekaligus penontonnya nanti,” katanya.

Karena itu, sebagai satu pegiat ekonomi kreatif di Kota Palopo ini, Farid Kasim Judas yakin kegiatan ini akan menggeliatkan ekonomi masyarakat secara langsung dan signifikan.

Baca juga: Wury Maruf Amin: UMKM Berkontribusi Siginifikan Ciptakan Lapangan Kerja dan Pendapatan

“Ada beberapa alasan, daya tampung penontonnya bisa ribuan dan kedua jumlah peserta yang akan hadir di kejuaraan ini sudah tercatat sebanyak 400 tim. Tentu semua ini berdampak misalnya dengan penuhnya hotel-hotel bahkan sejak seminggu lalu sudah penuh,” jelasnya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selalu mendorong pemerintah daerah dan para pelaku ekonomi kreatif untuk memperkuat pengembangan berbagai subsektor ekonomi kreatif yang menjadi unggulannya.

Melalui adanya berbagai kegiatan, akan melahirkan berbagai macam produk, dan kemudian tentu berdampak pada pertumbuhan lapangan-lapangan kerja baru.

“Dengan mengembangkan produk ekonomi kreatif unggulan otomatis tercipta produk dengan kekhasan dari daerah tersebut. Dengan demikian, ini semua akan mendorong bangkitnya perekonomian daerah,” ujar Menparekraf, Sandiaga Uno saat mengisi kegiatan workshop kepada pelaku ekonomi kreatif beberapa waktu lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat