androidvodic.com

Proyek Patung Bung Karno di Banyuasin Sumsel Dianggap Tak Mirip, Ini Tanggapan Politisi PDIP - News

News - Proyek pembangunan patung Bung Karno di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan menjadi sorotan pasalnya wajah patung tersebut dianggap tidak ada kemiripan dengan tokoh proklamator.

Patung tersebut dibangun di area Bung Karno Sport Center di Jalan Lingkar.

Tidak hanya wajah, postur tubuh patung yang masih dalam proses pengerjaan dianggap kegemukan jika dibandingkan dengan Bung Karno.

Kini para pekerja menutupi wajah patung tersebut menggunakan terpal setelah viral di media sosial.

Meski wajahnya ditutupi, para pekerja masih melanjutkan proyek pengerjaan patung Bung Karno.

Baca juga: Patung Bung Karno di Banyuasin Pipinya Chubby, Warga Minta Dibongkar Tapi Ini Faktanya

Wakil Ketua DPRD Banyuasin Sukardi ketika dikonfirmasi meminta kepada pihak pekerja untuk memperbaiki wajah dari patung Bung Karno yang saat ini sedang dikerjakan.

"Kalau mau dibongkar, pasti tidak mungkin. Tetapi, kalau patung Bung Karno gemuk dan tidak sesuai bisa diperbaiki. Kurangi saja semennya dan dibuat semirip mungkin," kata politisi asal PDI Perjuangan ini, Jumat (22/8/2023).

Lanjut Sukardi, pihaknya berharap kepada para pekerja yang saat ini sedang melakukan pengerjaan, agar dapat membuat patung sosok Bung Karno bisa semirip mungkin seperti yang sudah ada selama ini.

Diharapkan, perbaikan yang dilakukan membuat wajah dan tubuh sang Proklamator menjadi sama seperti sosok Bung Karno.

Tidak perlu dilakukan pembongkaran total, akan tetapi dilakukan perbaikan bagian mana yang memang semestinya.

"Takutnya keluarga Bung Karno marah. Kami harapkan, bisa diperbaiki dan tidak perlu di bongkar. Intinya, dari kami dibuat perbaiki dan dibuat semirip mungkin," kata dia.

Baca juga: 5 Fakta Patung Bung Karno di Banyuasin: Disebut Lucu, Anggaran Rp500 Juta, Kini Terancam Dibongkar

Dilansir dari data LPSE terkait pengerjaan Tugu Bung Karno. Dari data yang ada, pembangunan Merk, patung Bung Karno dan aksesorisnya, melalui lelang. Dari lelang ini, dimenangkan CV Wedari Elnita Sukses yang beralamat di Komplek Tunas Jaya 2 Nomor 1195 Kelurahan Talang Aman Kecamatan Kemuning Kota Palembang Sumsel.

Dari pagu anggaran yang digelontorkan PUTR Kabupaten Banyuasin senilai Rp 500 juta, namun dari Harga Pokok Satuan tertera Rp 498.700.000. Data tersebut, ada pula harga penawaran dan harga terkoreksi senilai Rp 493.289.724,82. Di dalam data tersebut, juga ada harga negosiasi senilai Rp 489.009.390.

Sedangkan Kadis PUTR Ardi Arpani yang kembali dikonfirmasi terkait bedanya wajah Bung Karno dengan patung-patung yang sudah ada mengatakan bila tidak miripnya wajah Bung Karno sudah disampaikan kepada para pekerja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat