androidvodic.com

Sumatera Selatan Cetak Rekor MURI di Gelaran Kompetisi Code Blue Bagi Rumah Sakit  - News

Sumatera Selatan Cetak Rekor MURI di Gelaran Kompetisi Code Blue Bagi Rumah Sakit 

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mencetak rekor MURI dalam hal tingkat kepesertaan dalam gelaran Kompetisi Code Blue yang mereka selenggarakan.

Kompetisi ini disebutkan menjadi bagian dari upaya Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan tenaga kesehatan di Rumah Sakit (RS).

Upaya peningkatan itu dilakukan lewat kompetisi simulasi Code Blue.

Baca juga: Pj Gubernur Sumatera Selatan Minta Kades Hindari Potensi Konflik dalam Pemilu 2024

Diharapkan SDM medis mengenali kejadian henti jantung sehingga dapat melakukan tindakan cepat dalam memberikan bantuan hidup dasar bagi pasien. 

Perlombaan simulasi Code Blue mampu meraih rekor muri. 

"Ini tentu hasil kerja keras dan kerja bersama kita semua. Karena tidak mudah melaksanakan dan menyelenggarakan ini semua tanpa bantuan semua pihak, partisipasi panitia dan semuanya," ujar Fatoni, Senin (15/1/2024).

Fatoni menyebut kegiatan ini sangat penting dilakukan guna meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan. 

Menurutnya, terdapat tiga hal yang perlu dioptimalkan, selain SDM yang harus memadai pentingnya dukungan peralatan medis dan anggaran juga sangat menentukan pelayanan kesehatan ke depannya.

"Peningkatan kualitas SDM ini penting karena punya alat secanggih apapun dan sebesar apapun jika anggaran tidak ada gunanya, juga jika SDM-nya tidak menguasai dan SDM tidak ada kapasitas," jelasnya. 

Fatoni menyebut peningkatan kapasitas seperti ini sangatlah penting agar SDM memiliki keahlian, keterampilan serta pengalaman. 

Oleh karena itu, untuk membentuk SDM yang mumpuni juga diperlukan tiga hal penting, yaitu ilmu pengetahuan, keahlian dan keterampilan serta jam terbang atau pengalaman.

Cetak Rekor Muri

Kompetisi Code Blue yang diselenggarakan Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif (Perdatin) Indonesia Cabang Sumatera Selatan (Sumsel) berhasil mencetak rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai penyelenggara dengan peserta terbanyak. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat