androidvodic.com

Penjelasan Pangdam Soal Adanya Korban Warga Sipil Saat Baku Tembak TNI dan KKB di Intan Jaya - News

Laporan Jurnalis Tribun-Papua.com, Lidya Salmah

News, JAYAPURA - Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan, seorang warga sipil terkena tembakan saat  TNI dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terlibat baku tembak di Intan Jaya Papua.

Namun Izak memastikan, korban bukan ditembak anggota TNI karena tembakan TNI semuanya terbidik dan sasarannya sudah pasti KKB.

"Kita jamin tidak akan salah tembak dan kami langsung memberikan penanganan medis," ungkap Izak di Makodam XVII/Cenderawasih, Jayapura, Rabu (24/1/2024).

Prajurit TNI, kata dia  senantiasa melindungi masyarakat sipil dari gangguan keamanan yang dilakukan para kelompok pengacau keamanan di Papua.

"Tidak boleh ada masyarakat sipil yang menjadi korban, sehingga apabila terjadi kontak tembak maka TNI akan melakukannya (penembakan) dengan terdidik, jadi tidak akan ada masyarakat sipil yang tertembak," tegas mantan Danrindam XVII/Cenderawasih ini.

Baca juga: Aparat TNI-Polri Tembak Mati 5 Anggota KKB di Intan Jaya Papua, Ini Identitasnya

Satu dari sekian upaya yang dilakukan TNI terhadap warga sipil di Intan Jaya, sebut Izak, yakni dengan mengungsikan di tempat yang lebih aman dan nyaman. 

"Kita lindungi mereka, kita layani agar mereka tidak kesulitan sampai situasi kembali normal, dan hari ini masyarakat sudah kembali ke rumahnya karena situasi sudah normal," bebernya.

TNI juga terus melakukan langkah strategis untuk menjaga keamanan di wilayah Intan Jaya.

"Kita berharap dan kita minta kepada semua pihak agar jangan mengembangkan isu-isu yang akhirnya masyarakat terdampak dengan ini (isu) lalu menimbulkan korban di kalangan masyarakat," pinta Izak.

"Kami juga minta apabila ada isu yang didengar maka dikonfirmasi dan kami akan bantu memberikan (konfirmasi) dengan intansi yang terkait sehingga setiap informasi dan isu yang diterima jangan ditangkap mentah-mentah. Mari kita konfirmasi," katanya.

Sebelumnya diberitakan 4 anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas dalam operasi penegakan hukum oleh aparat gabungan TNI-Polri di Intan Jaya, Papua Pegunungan,  Selasa (23/1/2024), pukul 09.30 WIT.

Kaops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Faizal Ramadhan mengatakan bakutembak pecah setelah KKB menyerang dari arah sebuah gereja di Bilogai.

Adapun identitas anggota KKB yang tewas yakni Oni Kobagau, Jaringan Belau, Agustia, dan Ones.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat