androidvodic.com

Pj Gubernur Sumsel Tinjau Lokasi Banjir di Kabupaten Musi Rawas Utara yang Terjang 6 Kecamatan - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meninjau lokasi banjir yang terjadi di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Sebagai informasi terdapat 6 Kecamatan di Muratara yang terdampak banjir, yaitu Kecamatan Ulu Rawas, Rawas Ulu, Karang Jaya, Karang Dapo, Rawas Ilir dan Rupit.

Sebanyak 57 desa terdampak banjir tersebut yang mengakibatkan 6 jembatan terputus.

Pada kesempatan itu Fatoni melihat Posko Induk Penanggulangan Bencana Banjir yang didirikan Pemda setempat dan Pemprov Sumsel di sekitar bantaran Sungai Rawas, Kecamatan Ulu, Kabupaten Muratara.

Pemprov Sumsel turut menyerahkan bantuan bagi masyarakat terdampak banjir berupa 7,7 ton beras, 570 paket sembako, 50 lembar matras, 70 paket makanan siap saji, 500 paket biskuit, peralatan medis hingga obat-obatan.

"Alhamdulillah, hari ini kita bisa bersilaturahmi. Kami hadir di sini untuk melihat lebih dekat keadaan yang ada di sini. Apa yang terjadi di Muratara ini ikut kami rasakan," kata Fatoni dalam keterangannya, Rabu (24/1/2024).

Ia menyebut sejak pertama mendapat informasi banjir di Kabupaten Muratara, dirinya bersama Pemprov Sumsel langsung memantau dan memonitoring jarak jauh berkoordinasi dengan Bupati Muratara Devi Suhartono.

Bantuan juga segera dikirim ketika informasi banjir tersebut berimbas pada masyarakat sekitar yang menjadi korban terdampak.

"Bantuan telah kita berikan sejak awal begitu mendengar kabar bencana dari Muratara. Bantuan tersebut berupa bantuan pangan, pakaian, peralatan termasuk juga tim dari tenaga medis dan tim reaksi cepat dari BPBD Sumsel," jelas dia.

Fatoni turut mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar aliran Sungai Rawas Kecamatan Rawas Ulu untuk mengantisipasi banjir secara dini, diantaranya menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Masyarakat diimbau tidak membuang sampah ke sungai, kali atau selokan, serta menghindari mendirikan rumah di bantaran sungai.

"Kita harus siap kapan saja, ketika bencana datang kita perlu antisipasi sejak awal dan juga harus siap menghadapi ketika sudah terjadi bencana. Ini akan kita lakukan terus menerus secara gotong royong antara Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten dan Kota," kata Fatoni.

Baca juga: Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Diberi Gelar Adat Suttan Mangku Keresidenan Ini Maknanya

Sementara itu, Bupati Muratara Devi Suhartoni mengaku bantuan yang diberikan oleh Pemprov Sumsel amat dibutuhkan oleh masyarakatnya yang terdampak banjir.

"Terima kasih kepada Pak Gubernur yang telah merespon dengan cepat memberikan bantuan. Saat dihubungi melalui telepon beliau selalu merespon dengan baik," kata Devi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat