androidvodic.com

Kabagops Damai Cartenz Beberkan 2 Sosok yang Ikut Disergap di Sungai Braza Yahukimo - News

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Marselinus Labu Lela

News, TIMIKA - Kepala Ops Damai Cartenz, Kombes Polisi Faizal Ramadhani mengatakan, selain satu orang terduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang ditembak mati, dua orang lain terduga anggota KKB disergap personel Satgas Damai Cartenz 2024 dan Satgas Yonif 7 Marinir Yahukimo.

Penindakan tegas itu berlangsung saat penyergapan di area Sungai Braza, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Kamis (22/2/2024).

"Jadi penegakan hukum kepada KKB ini merupakan tindak lanjut dan respon aparat atas terjadinya gangguan penembakan pesawat Wings Air IW 1646 ATR 700 PK WGT pada Sabtu 17 Februari 2024 lalu," kata Faizal, Jumat (23/2/2024).

Dari penembakan pesawat Pratu Ongen R Dori, anggota Kodim 1715/ Yahukimo mengalami luka lecet pada leher sebelah kiri akibat serpihan kaca yang terkena peluru.

Kronologi penyergapan berawal saat anggota TNI dan Polri melaksanakan pengamatan di area asal penembakan pesawat Wings Air di seputar Sungai Braza.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz Tangkap Epson Nirigi Pemasok Senjata dan Amunisi ke KKB Pimpinan Egianus Kogoya

Dari pengamatan itu terjadi kontak tembak dengan KKB sehingga  satu orang terduga anggota KKB tewas dan dua orang saksi berhasil diamankan.

“Dua orang saksi yang diamankan yakni, MH (15) dan BGE (15) sementara identitas satu terduga anggota KKB masih dalam penyelidikan petugas," beber Faizal. 

Aparat juga menyita barang bukti dari tangan kedua saksi berupa 74 butir amunisi caliber 5,56, 2 buah magazine SS1, uang tunai Rp 3 juta, solar cell, noken Bintang Kejora, 2 HP Oppo, 1 HP Nokia, 1 kunci inggris, 2 kepala charger dan 1 kabel type C.

Kasatgas Humas Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, kedua saksi kini diamankan di Posko Ops Damai Cartenz 2024 wilayah Yahukimo.

"Kita tahan sementara karena keduanya diduga masih berstatus sebagai pelajar, sedangkan satu orang terduga anggota KKB yang tewas tertembak saat kontak tembak sudah dibawah ke RSUD Yahukimo," kata Bayu. 

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Dua Terduga Anggota KKB yang Disergap di Sungai Braza Yahukimo Ternyata Berstatus Pelajar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat