androidvodic.com

Longsor di Kabupaten Bandung Barat, 10 Warga dan 25 Rumah Tertimbun Tanah, Proses Evakuasi Dilakukan - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

News - Hujan deras yang terjadi sejak Minggu (24/3/2024) malam mengakibatkan longsor di Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Puluhan rumah dan 10 warga dilaporkan tertimbun material tanah.

Proses evakuasi masih dilakukan BPBD, Basarnas dan sejumlah stakeholder.

Upaya pencarian terhadap 10 warga hingga kini belum membuahkan hasil.

"Berdasarkan data sementara dari Kepala Desa, kurang lebih 10 orang belum ditemukan dan dua orang sudah kita evakuasi ke RSUD Cililin," ujar Camat Cipongkor, Rega Wiguna saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (25/3/2024).

Ia mengatakan, saat kejadian tersebut kemungkinan besar semua warga yang tertimbun longsor itu sedang berada di dalam rumahnya masing-masing karena kondisinya sudah malam.

Untuk saat ini, kata dia, petugas gabungan dari BPBD KBB, Basarnas, TNI/Polri, dan Forkopimcam masih fokus untuk melakukan pencarian korban yang tertimbun longsor tersebut.

"Kita sedang berusaha mencari korban secara manual dengan cara menggali dan cara-cara yang lainnya," katanya.

Sementara Danramil Sindangkerta, Kapten Inf Furqon mengatakan, korban yang tertimbun longsor tersebut baru diklasifikasikan hilang, sehingga mereka dilakukan pencarian oleh petugas gabungan.

"Sekarang korban yang tertimbun tersebut masih dalam pencarian. Longsor di sini memang paling parah," ucap Furqon.

Ia mengatakan, dalam melakukan pencarian korban itu, petugas gabungan terkendala akses yang masih dipenuhi material longsor berupa lumpur, tetapi mereka akan terus diupayakan hingga semua korban bisa ditemukan.

Baca juga: 2 Warga Sempur Bogor Tertimbun Longsor, Satu Korban Dievakuasi dalam Kondisi Meninggal Dunia

"Tadi malam saat kami ke TKP juga lumpur masih tetap mengendap, jadi sampai saat ini itu menjadi kendala bagi kami untuk melakukan pencarian," katanya.

Sebanyak 25 rumah warga di Kampung Gintung, RT 3/7, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hancur hingga rata dengan tanah akibat diterjang longsor, Minggu (25/3/2024) malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat