androidvodic.com

Salurkan Bantuan Korban Banjir Luwu, Mensos Risma Ungkap Putusnya Akses Jalan - News

News, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan santunan kepada ahli waris  korban longsor dan banjir di Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan, Jumat (10/5/2024).  

Setibanya di Makassar, Mensos Risma langsung terbang menuju daerah yang paling terdampak yaitu Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu menggunakan helikopter mengingat akses jalan ke lokasi tersebut masih terputus.

"Lokasinya sangat sulit. Biasanya kami lewat darat tapi kali ini tidak bisa," ungkap Risma melalui keterangan tertulis, Sabtu (11/5/2024).

Di Latimojong, Risma memberikan santunan kepada ahli waris korban meninggal dan menghibur anak-anak dengan memberikan mainan.

Risma juga mengingatkan pentingnya lumbung sosial di daerah tersebut untuk antisipasi jika terjadi bencana.

"Ini kan mereka terjebak. Tapi kalau ada lumbung sosial mereka sudah siap," tutur Risma.

Selain di Latimojong, Mensos juga menyerahkan santunan masing-masing Rp15.000.000 kepada ahli waris di Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Wajo dan Kabupaten Sidrap.

Total korban meninggal mencapai 15 jiwa, dengan total santunan yang disalurkan oleh Kementerian Sosial sebesar Rp225.000.000.

Baca juga: Polisi di OKU Basah-basahan Pakai Sarung Naik Rakit dan Truk demi Jemput Calon Istri ke Sidang Nikah

Saat menyerahkan santunan di Desa Kaili Kecamatan Suli Barat, Risma memberikan penguatan kepada para ahli waris yang kehilangan anggota keluarga akibat musibah ini.

Satu di antaranya adalah Elma (24), warga Kabupaten Sidrap yang harus kehilangan ayahnya akibat banjir. Saat musibah terjadi, rumah Elma terseret sejauh 500 meter.

Ia naik ke atap dan berusaha menyelamatkan ayahnya. Namun karena tidak lagi ada tempat untuk berpijak, ia menahan kepala ayahnya  agar tubuh ayahnya tidak terseret arus.

"Allah berkehendak lain, tapi kamu anak luar biasa. Kamu sudah berusaha semampu kamu untuk menyelamatkan. Ayahmu di sana pasti bangga," kata Risma menguatkan Elma.

Baca juga: Kerahkan Helikopter, BNPB Fokus Distribusi Logistik di Wilayah Terisolir Akibat Banjir Luwu

Sebelumnya, untuk mempercepat respon bencana, Kemensos telah menyalurkan bantuan logistik kurang dari 24 jam setelah bencana terjadi.

Bantuan ini diambil dari gudang Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar, Sentra Wirajaya Makassar dan Sentra Pangurangi Takalar.

Logistik yang disalurkan meliputi tenda gulung, kasur, selimut, peralatan dapur keluarga, pembalut wanita, makanan siap saji, dan kebutuhan dasar lainnya. Total bantuan logistik yang disalurkan mencapai Rp655.762.269.

Seperti diketahui, banjir dan longsor yang menghantam Kabupaten Luwu pada Jumat pekan lalu mengakibatkan 3 jembatan di wilayah Latimojong terputus dan 10 desa terisolir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat