androidvodic.com

Seekor Harimau Muncul di Dekat Pemukiman Warga, BKSDA Turun ke Lapangan - News

News - Seekor harimau terakam kamera CCTV sedang mondar mandir di pelataran Masjid Haji Alius, Lubuh Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Solok, Sumatera Barat, Kamis (30/5/2024).

Harimau tersebut terkam CCTV sekira pukul 00.32 WIB.

Melihat hal tersebut, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar pun langsung turun tangan.

BKSDA langsung melakukan penghalauan Harimau Sumatera yang sempat muncul tersebut.

Kepala Balai KSDA Sumatera Barat, Lugi Hartanto menyampaikan tim di lapangan mendapat laporan pada Kamis, 30 Mei 2024 sekira pukul 02.00 dini hari.

Selanjutnya, tim Balai KSDA Sumbar bersama tim Pagari langsung turun melakukan upaya mitigasi dan mengedukasi agar masyarakat tenang.

"Tim melakukan upaya penggiringan satwa ke habitatnya yang berbatasan langsung dengan habitatnya di kawasan hutan," katanya.

Ia menambahkan hal tersebut dilakukan agar masyarakat tenang dan tidak terdapat korban jiwa baik dari pihak manusia maupun satwa.

"Tim pun berkoordinasi dengan Polsek Gunung Talang, Polres, Babinsa dan Pemerintahan Nagari untuk membantu melakukan penggiringan. Hingga tadi malam Tim gabungan masih melakukan penghalauan bersama,"ungkapnya.

Dijelaskannya, penghalauan dilakukan berdasarkan cctv dapat dianalisa kemana arah pergerakannya sehingga tim mulai dari pagi kemarin hingga saat ini sangat intens mengantisipasi keberadaan harimau tersebut.

"Dengan cara membunyikan meriam Karbit agar satwa tidak mendekati lagi wilayah tersebut dan mengedukasi masyarakat agar tetap waspada dalam beraktifitas," katanya.

Baca juga: Klarifikasi Balai besar TNGGP soal Video 2 Macan Tutul yang Terekam Kamera

Viral di Media Sosial

Viral di media sosial seekor harimau mondar mandir di pelataran Masjid Haji Alius di Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (30/5/2024).

Dalam rekaman video CCTV masjid itu, terekam aktivitas harimau di pelataran masjid dalam durasi 31,4 detik pada video yang menunjukan rekaman pada Kamis dini hari pukul 00.32 WIB.

Harimau itu muncul dari arah hutan, lalu masuk pekarangan halaman masjid. Berdiam sejenak lalu sambil melihat-melihat sekitar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat