androidvodic.com

Mengenal Keanumycins, Senyawa Pembunuh Jamur yang Terinspirasi Aktor Keanu Reeves - News

News - Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan senyawa bakteri yang sangat bagus dalam membunuh jamur, yang diberi nama Keanumycins.

Mereka memberika nama keanumycins yang mirip nama aktor Hollywood Keanu Reeves karena dia mampu mengalahkan penjahat dalam film aksi, seperti The Matrix dan John Wick.

Keanumycins adalah sekelompok senyawa kimia yang diisolasi dari bakteri dalam genus Pseudomonas.

Senyawa ini diklasifikasikan sebagai lipopeptida peptida dan memiliki berbagai aktivitas antimikroba.

Dikutip dari New York Times, keanumycins dapat melenyapkan jamur berbahaya bagi tumbuhan dan manusia dengan ketepatan yang mematikan.

Senyawa bakteri efektif melawan penyakit jamur tanaman dan jamur yang mengganggu manusia, menurut temuan yang diterbitkan dalam The Journal of American Chemical Society pada bulan Januari.

Baca juga: Laporan WHO: Tingginya Tingkat Resistensi Pada Bakteri, Picu Infeksi Aliran Darah yang Ancam Jiwa

“Keanu Reeves memainkan banyak peran ikonik di mana dia sangat efisien dalam 'menonaktifkan' musuhnya. Keanumycin melakukan hal yang sama dengan jamur,” kata Dr. Pierre Stallforth, salah satu peneliti dan profesor paleobioteknologi di Leibniz Institute for Natural Product Research and Infection Biology di Jena, Jerman.

Perusahaan hiburan Lionsgate, distributor film "John Wick", menggambarkan reaksinya terhadap penemuan yang dinamai menurut namanya.

“Mereka seharusnya menyebutnya John Wick,” katanya.

“Tapi itu cukup keren, dan nyata bagi saya. Tapi terima kasih, para ilmuwan! Semoga berhasil, dan terima kasih telah membantu kami.”

Sebastian Götze, postdoctorate di bidang paleobioteknologi di Institut Leibniz mengatakan, keanumycins membuat lubang di permukaan patogen hingga membuat berdarah sampai mati.

“Seperti Keanu Reeves dalam banyak perannya sebagai pembunuh yang mahir, molekul yang baru ditemukan juga dapat dengan sangat efisien, pada konsentrasi rendah, membunuh patogen jamur manusia yang berbeda, dengan melubanginya,” katanya.

Salah satu adegan Keanu Reeves di Film John Wick 2
Salah satu adegan Keanu Reeves di Film John Wick 2 (Imdb.com)

Seperti diketahui, dalam film John Wick, Keanu Reeves berperan sebagai pensiunan pembunuh bayaran yang kembali untuk mengejar musuh-musuhnya.

Para ilmuwan memasak kaldu bakteri yang menghasilkan keanumycin dan mengoleskannya ke tanaman hydrangea ditutupi jamur Botrytis cinerea, penyakit busuk yang umum di antara tanaman rumah kaca seperti tomat dan stroberi.

Terkini Lainnya

  • Para ilmuwan menemukan senyawa bakteri yang ampuh dalam membunuh jamur yang diberi nama Keanumycins karena terinspirasi dari aktor Keanu Reeves.

  • BERITA REKOMENDASI

  • Jerman Bernafsu Sapu Bersih Kemenangan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat