androidvodic.com

Margarin Mengandung Omega 3 dan Omega 6 Berperan Mendukung Tumbuh Kembang Anak - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011, diketahui bahwa 10 dari 11 negara yang diobservasi dalam penelitian tersebut masih kekurangan asupan Omega 3, sedangkan 8 dari 11 negara terbukti kekurangan asupan Omega 6.

Hasil penelitian, diduga akibat minimnya makanan kaya Omega 3 dan 6 yang tersedia di dalam menu sehari-hari di sejumlah negara tersebut.

Dilansir dari Serambi Indonesia, ahli gizi kesehatan masyarakat dari Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), Ratna Djuwita mengatakan, asupan lemak esensial Omega 3 dan 6 untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal itu sangat penting.

“Di antaranya membuat membran-membran sel dalam tubuh menjadi fleksibel, sehingga nutrisi dapat diserap secara optimal. Maka, asupan Omega 3 dan 6 ini sangat diperlukan dalam sistem saraf dan pembentukan hormon. Bahkan lemak esensial ini juga memiliki peran positif terhadap kesehatan jantung,” katanya.

Baca juga: Margarin Produksi Cikarang Masuki Pasar Ekspor, Mendag: Jadi Penggerak Ekonomi Nasional

Bahkan, omega 3 dan 6 menjadi komponen penting untuk kesehatan jantung dan pertumbuhan anak, namun tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Omega-3 terbagi menjadi tiga jenis, yaitu ALA (Alpha-Linolenic Acid), DHA (Docosa-Hexaenoic Acid), dan EPA (Eicosa-Pentaenoic Acid) yang termasuk dalam kelompok asam lemak tak jenuh, sehingga tergolong sebagai lemak yang menyehatkan.

Asam lemak ini tidak diproduksi oleh tubuh (zat gizi esensial), jadi Anda harus mendapatkannya dari asupan makanan.

Sedangkan omega-6 adalah asam lemak jenuh rantai ganda yang diperlukan tubuh sebagai komponen sel dan produksi energi dan seperti halnya Omega-3, tubuh tidak dapat membuat zat gizi ini sehingga untuk mendapatkannya dari makanan yang mengandung omega-6.

Pentingnya Omega-3 dan Omega-6 juga disadari produsen BlueBand yang telah menambahkan kadungan di setiap produk margarine nya itu.

President Director Upfield Indonesia, Dicky Saelan mengatakan, di Indonesia BlueBand berinovasi untuk memberi pengaruh positif di masyarakat yakni konsistensi edukasi dan dukungan BlueBand di Indonesia untuk mendampingi para Ibu dan Ayah dalam membekali pertumbuhan anak dengan menghadirkan nutrisi harian yang penting dengan cita rasa yang lezat.

"Inovasi yang kami lakukan adalah menambahkan kandungan Omega 3 dan 6 sebagai standar serta diperkaya vitamin yang akan menjadi komponen penting untuk kesehatan jantung dan pertumbuhan anak," katanya.

Dikatakannya, jika melihat kilas balik pada tahun 1930-an, masa dimana minat masyarakat global terhadap kesadaran akan manfaat vitamin dan pilihan produk yang dapat mendukung kesehatan mulai tumbuh.

Memanfaatkan tren tersebut, BlueBand mulai menambahkan vitamin A dan D ke dalam produknya, sekaligus mendorong penggunaan produk yang baik untuk kesehatan dan mengedepankan penggunaan lemak plant-based sebagai jawaban atas kebutuhan konsumen pada saat itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat