androidvodic.com

Sepekan Kumpulkan Donasi Rp40 Juta Demi Hijaukan Lagi Hutan, Fans K-Pop Tanam Ratusan Pohon di Jambi - News

Laporan Wartawan News, Fauzi Alamsyah

News, JAKARTA - Sebanyak 14 orang mewakili penggemar K-Pop melakukan aksi peduli lingkungan dengan menanam pohon.

Aksi peduli lingkungan tanam pohon tersebut dilakukan di kawasan Hutan Harapan di Jambi dalam rangkaian aktivitas Visit Harapan yang dilakukan tiga hari pada Kamis, 8 Februari 2024 lalu.

Baca juga: Dapat Kiriman Food Truck ala CIdol Kpop, Anies Baswedan Akui Terharu Atas Dukungan dari Humanies

Influencer Bintang Sangaji atau kerap dikenal dengan perwakilan dari Too Much Information (TMI) menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye bersama Gerakan Adopsi Hutan.

“Visit Harapan itu kelanjutan dari kampanye Gerakan Adopsi Hutan. Jadi dari donasi yang sudah diberikan (maka) dijadikan pohon yang ditanam langsung sama teman-teman k-popers” kata Bintang kepada awak media,  Minggu (11/2/2024).

Bintang mengaku terkejut melihat banyaknya antusias komunitas K-Pop yang dinilai tinggi akan kepedulian untuk mendonasikan harta mereka.

Terlebih kegiatan sosial ini sangat penting yakni untuk kembali menghijaukan hutan Indonesia yang rusak. 

Baca juga: Shafira Veliza Rilis Single Lagu Bernuansa KPop

“Target awal kami hanya mengumpulkan donasi sebanyak 25 juta rupiah, ternyata sangat banyak yang ingin bergabung bahkan donasinya tidak lagi bisa kami tampung”, ungkap Bintang.

Diketahui selama 1 bulan lebih, 25 komunitas K-Pop dan 793 donatur berhasil mengumpulkan lebih dari 40 Juta Rupiah untuk menanam 150 pohon baru di kawasan terdampak karthula (Kebakaran hutan dan lahan) di Hutan Harapan yang berlokasi di Kabupaten Batanghari, Jambi.

Selain menanam ratusan pohon, kegiatan yang digagas oleh PT. REKI dan KKI WARSI ini bertujuan untuk memperkenalkan anak muda ke lingkungan dengan berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut meliputi menanam ulang pohon, bertemu masyarakat adat Batin Sembilan, bertualang di Hutan, dan mencicipi berbagai buah asli hutan Harapan seperti Durian Daun.

“Sebetulnya kita ini peduli banget dengan isu sosial-lingkungan, hanya saja kami masih jarang mengetahui wadah yang bisa meneruskan kepedulian kita, dan untungnya ada kegiatan seperti ini jadi kita bisa beraksi secara nyata”, tutur Bintang.

Salah seorang pemuka masyarakat Adat Batin Sembilan, Bi Teguh, kegiatan ini harus terus dilakukan untuk generasi selanjutnya agar hutan Indonesia tetap terjaga.

“Semoga kepedulian ini terus berlanjut ke generasi selanjutnya, termasuk oleh para Milenial dan Gen-Z dengan platform media sosial mereka yang mampu mencapai jangkauan sangat luas”, ujar Bi Teguh.

Untuk diketahui Visit Harapan diikuti oleh perwakilan IU Indonesia, KHHfans, Zerose Indonesia, Team Winter Indonesia, MyDay and Jars Social Project, Season4myday.

Kemudian Sana Team ID, Ina_Moodz, The Boyz Indonesia, Xianesia, 17CARATS_INA, stayspedia_id, Jwalkerz, Xdinary Heroes Indonesia, dan beberapa awak media.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat