androidvodic.com

Kartika Putri Idap Sindrom Stevens-Johnson yang Akibatkan Kebakar pada Kulit Wajah - News

News, JAKARTA - Kartika Putri mengidap penyakit sindrom stevens-johnson dimana kulit wajahnya mengalami luka melepuh atau kebakar.

Hal ini dikatakan Kartika Putri seraya membagikan pengalamannya selama mengidap sindrom stevens-johnson di Instagram pribadi miliknya.

Sindrom stevens-johnson merupakan gangguan kulit dan selaput lendir yang langka dan serius.

Kartika Putri tidak mau penyakit yang ia idap itu kemudian turut dirasakan oleh orang lain karena penanganan yang lambat.

"Aku sharing karena aku engga mau kejadian serupa agar kalian cepat respon dan reaksinya, ternyata siapa yang kena steven jansen sindrom ini bisa memburuk," kata Kartika Putri dikutip News, Senin (26/2/2024).

Penyakit tersebut dikatakan Kartika Putri cukup serius karena banyak orang yang juga mengalami hal serupa hingga menjalar ke seluruh bagian tubuh.

Beruntungnya Kartika hanya mengalami gangguan di bagian wajah.

"Alhamdulillah aku cuma di muka aja, banyak saudara-saudara kita yang keseluruh tubuh dan bagian tubuh lainnya karena penanganan sangat lamban dan obatnya sangat lamban di masukin ke tubuhnya dan itu memperburuk," ujar Kartika.

"Aku mau sharing karena biar kalian tidak berada di kondisi terburuk, makanya aku berani sharingin ke kalian," lanjutnya.

Sejauh ini istri dari Usman bin Yahya itu berangsur membaik usai menjalani pengobatan di Singapura.

"Alhamdulillah membaik banget ternyata juga ngobstin yang di mulut itu udah getting better banget terutama obat yang diminum itu yang ngebuat aku merasa hilang perihnya dan semuanya," ungkap Kartika.

Steven Johnson Syndrome

Mengutip Gramedia Blog, Sindrom Steven-Johnson (SJS) termasuk ke dalam penyakit yang cukup jarang di Indonesia, namun menjadi suatu kondisi yang serius.

Penyakit ini kemudian menyebabkan kulit penderitanya menjadi melepuh, gatal-gatal bahkan mengelupas akibat reaksi berlebihan terhadap suatu obat dan infeksi tertentu.

Orang yang terkena Stevens-Johnson Syndrome kemudian harus buru-buru dilarikan ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan pertama, sementara dalam masa pemulihannya kemudian akan memakan waktu selama berminggu-minggu.

Bahkan jika gejalanya sangat parah, penyakit ini kemudian dapat mengakibatkan kematian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat