androidvodic.com

Prediksi Balapan MotoGP Portugal 2023: Bagnaia Favorit, Marquez Bersaudara Pantang Dipandang Sepele - News

News - Bursa prediksi hasil balapan perdana MotoGP 2023 di Portugal terus mengemuka, satu di antaranya datang dari legenda asal balap Spanyol, Alex Criville.

Lewat kacamata Alex Criville, MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Portimao menempatkan empat pembalap yang berpeluang menjadi juara, Minggu (26/3/2023).

Keempat pembalap ini meliputi Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Alex Marquez (Gresini Racing), Marc Marquez (Repsol Honda) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Baca juga: MotoGP Portugal 2023 - Setelah Marc Marquez, Giliran Alex Rins yang Kini Menggertak Honda

Alex Criville menyebut bahwa balapan perdana awali musim baru selalu menempatkan pembalap dalam persaaan grogi. Hal ini yang akhirnya membuat race sulit diprediksi.

Baginya, hanya rider bermental juara lah yang mampu mengatasi tekanan dan bisa tampil all out pada race MotoGP Portugal 2023 akhir pekan ini.

Dari keempat nama yang disodorkan oleh juara dunia MotoGP 1999 ini, Criville tetap memasukkan Marc Marquez sebagai kandidat pemenang.

Juara dunia MotoGP pertama asal Spanyol tersebut mengklaim dirinya mempunyai alasan khusus mengapa Marc Marquez masuk dalam bursa pemenang di balapan perdana MotoGP 2023.

Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia (kanan) melaju di depan Marc Marquez selama sesi kualifikasi pertama MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Internasional Sepang, pada 22 Oktober 2022.
Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia (kanan) melaju di depan Marc Marquez selama sesi kualifikasi pertama MotoGP Malaysia 2022 di Sirkuit Internasional Sepang, pada 22 Oktober 2022. (MOHD RASFAN / AFP)

"Ducati memang menjadi pabrikan paling berkembang secara signifikan, dan Honda menemui masalah serius. Namun itu bukan menjadi alasan untuk melepaskan Marc Marquez (dari bursa pemenang)," buka Alex Criville dikutip dari laman Motosan.

"Kita tahu kualitas yang dimiliki Marquez seperti apa. Dan saya rasa dia belum menunjukkan semua apa yang dia miliki saat tes pramusim di Portugal kemarin." sambungnya.

"Terlalu dini mengeliminasi Marc Marquez untuk saat ini," sambung pembalap yang pernah menggunakan nomor #1 di Honda.

Selain Marc Marquez, Alex Marquez juga disebut oleh Criville sebagai kejutan yang bisa terjadi di Sirkuit Portimao.

Menyandang status sebagai juara dunia Moto2 2019, Alex Marquez memang belum menunjukkan kemampuan terbaiknya selama membela Honda (2020-2022). Macetnya pengembangan RC213V menjadi alasan Alex Marquez kesulitan bersaing di grid depan.

Kini, kepindahannya ke Gresini bak menghidupkan kembali gairah juara yang dimiliki adik dari Marc Marquez tersebut.

"Alex Marquez tampil hebat di Portimao (tes pramusim). Faktanya, dia mendapatkan motor dari pabrikan yang secara pengembangan menjadi yang terbaik di musim ini," kata dia.

Dia memiliki tunggangan yang lebih baik musim ini dan berkendara dengan lebih mudah. Dia menjalani pramusim yang hebat dan dia bisa memilih podium di Portimao karena itu adalah sirkuit yang dia cintai," terang legenda balap MotoGP ini.

Di akhir, Criville menunjuk empat pembalap jagoannya yang bisa memetik kemenangan di lintasan yang memiliki panjang hampir 5 km ini.

"Pecco Bagnaia itu favorit. Untuk melihat yang lain jelas sulit," tandasnya.

"Kita lihat, Fabio Quartararo dan Alex Marquez bisa masuk dalam perburuan podium pertama. Sedangkan Marc Marquez, jika dia menunjukkan semuanya, itu sangat mungkin (meraih kemenangan)," pungkas Alex Criville.

(News/Giri)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat