androidvodic.com

Syarat Wajib Timnas Voli Indonesia Lolos ke VNL 2024, Butuh 2 Kali Sandang Status Juara - News

News - Timnas voli Indonesia baik sektor putra dan putri memiliki jalan panjang nan terjal untuk bisa tampil di kejuaraan voli bergengsi dunia, Volleyball Nations League (VNL) 2024.

Ada syarat yang wajib dipenuhi Timnas voli Indonesia untuk berkiprah di VNL musim depan, yakni menyandang gelar juara AVC Challenge Cup dan FIVB Challenger Cup.

Asa untuk Timnas voli Indonesia mewujudkan mimpi lolos ke VNL 2024 terbuka lebar mengingat Rivan Nurmulki cs dan Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi dkk mengikuti AVC Challenge yang berlangsung Juni dan Juli mendatang.

Baca juga: Rekap Hasil, Klasemen dan Jadwal VNL 2023 Hari Ini - Turki Sempurna, Juara Bertahan Tumbang

Turnamen tersebut akan digelar di Gresik, Jawa Timur untuk putri dan di Taiwan untuk sektor Putra. AVC Challenge Cup adalah jalan pembuka Indonesia untuk bisa tampil di VNL.

FIVB memiliki regulasi terbaru untuk tim yang akan tampil di VNL. Mereka harus menyabet gelar juara FIVB Challenger lebih dahulu karena bukan penyandang status core team.

Artinya jika tim voli putra atau putri Indonesia berhasil juara di AVC Challenge Cup, maka mereka pun harus berjuang kembali di FIVB Challenger Cup.

FIVB Challenger Cup sendiri merupakan kompetisi yang akan menampilkan para juara dari berbagai konfederasi.

Jadwal pertandingan bola voli dunia Volleyball Nations League (VNL) putri yang akan menggelar pertandingan pekan pertama mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2023 di Turki dan Jepang. Timnas voli putri Thailand menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di VNL.
Jadwal pertandingan bola voli dunia Volleyball Nations League (VNL) putri yang akan menggelar pertandingan pekan pertama mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2023 di Turki dan Jepang. Timnas voli putri Thailand menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di VNL. (Laman resmi VolleyballWorld)

Mereka adalah juara AVC Challenge Cup sebagai wakil Asia.

Kemudian ada juara dari Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, tuan rumah dan satu tim yang terdegradasi dari VNL.

Tim yang berhasil juara di FIVB Challenger Cup maka tim tersebut yang akan menjadi satu kontestan untuk VNL di tahun berikutnya.

Kompetisi FIVB Challenger Cup 2023 akan berlangsung setelah pagelaran VNL 2023 rampung.

FIVB Challenge Cup 2023 akan diikuti 8 tim meliputi:

-1 tim dari Asia (juara AVC)
-1 tim dari Afrika (juara CAVB)
-1 tim dari Amerika Utara (juara NORCECA)
-1 tim dari Amerika Selatan (Juara CSV)
-2 tim Eropa (CEV)
-1 tim tuan rumah
-1 tim yang terdegradasi dari VNL

Baca juga: 4 Pevoli Putri Alumnus Proliga yang Tampil di VNL 2023 - Ada Niverka Marte hingga Ratu Setter ASEAN

VNL 2023 sendiri diikuti oleh 16 tim meliputi 12 core team (tim inti) dan sisanya merupakan tim challenger.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat