androidvodic.com

Sejarah, Thailand Juara AVC Challenge Cup 2023, Bakal Tampil di FIVB Challenger Wakili Asia - News

News - Thailand menciptakan sejarah dengan menjuarai AVC Challenge Cup 2023 setelah mengalahkan Bahrain di laga final, Sabtu (15/7/2023) siang WIB..

Thailand tampil beringas dan membungkam Bahrain dengan skor 3-0 dalam laga final yang digelar di University of Taipei Gymnasium, Sabtu (15/7/2023).

Thailand menang secara mutlak dengan perolehan poin 25-20, 25-20, 25-16 yang akhirnya membuat mereka menjadi juara.

Hasil ini membuat Thailand menciptakan sejarah karena ini adalah pertama kalinya mereka menjuarai ajang AVC Challenge Cup.

Tim negeri gajah putih itu menjadi negara asia tenggara pertama yang berhasil menjadi juara AVC Challenge Cup.

Tak hanya itu, Thailand untuk pertama kalinya juga akan tampil di ajang FIVB Challenger sebagai wakil Asia yang akan digelar di Qatar akhir juli nanti.

Baca juga: Hasil AVC Challenge Cup 2023 Hari Ini: Timnas Voli Putra Indonesia Finis ke-6, Australia Superior

Untuk diketahui, FIVB Challenger Cup merupakan kompetisi yang akan menampilkan para juara dari berbagai konfederasi.

Mereka adalah juara AVC Challenge Cup sebagai wakil Asia. Kemudian ada juara dari Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, tuan rumah dan satu tim yang terdegradasi dari VNL.

Tim yang berhasil juara di FIVB Challenger Cup maka tim tersebut yang akan menjadi satu kontestan untuk VNL di tahun berikutnya.

Apa yang diraih Thailand di AVC Challenge Cup 2023 ini berbanding 180 derajat dengan apa yang diraih saat SEA Games 2023 lalu.

Di ajang SEA Games, Thailand tampil jeblok dan hanya mampu melaju sampai semifinal.

Thailand memang kerap tampil buruk di pesta olahraga se-Asia Tenggara itu. Terakhir kali mereka juara yakni enam tahun silam pada SEA Games 2017 di Malaysia ketika mengalahkan Indonesia 3-1.

Keberhasilan Thailand menjadi juara AVC Challenge Cup 2023 ini juga menjadi sebuah kejutan lantaran mereka sebelumnya menyingkirkan Indonesia di babak perempat final.

Bahkan mereka juga mengalahkan Bahrain dengan skor mencolok 3-0 di laga final, tim yang pernah dikalahkan Indonesia di laga kedua pool F.

Baca juga: Cara Sederhana Australia Obrak-abrik Indonesia di AVC Challenge Cup 2023, Float Serve Biang Masalah

Dengan kepastian Thailand mengikuti FIVB Challenger ini, genap sudah delapan peserta yang akan memperebutkan tiket menuju kompetisi Volley Nations League 2024 mendatang.

Delapan peserta FIVB Challenge Cup 2023 yakni:

- Qatar (Tuan rumah)
- Thailand (Juara AVC)
- Tunisia (Juara CAVB)
- Republik Dominika (Juara NORCECA)
- Chili(Juara CSV)
- Turki (CEV)
- Ukraina (CEV)
- China (Degradasi VNL)

Selebrasi perayaan Timnas voli putra Thailand sukses melaju ke semifinal SEA Games 2023 sebagai juara Grup B, Sabtu (6/5/2023). Timnas voli putra Thailand mengalahkan Myanmar 3-0.
Selebrasi perayaan Timnas voli putra Thailand sukses melaju ke semifinal SEA Games 2023 sebagai juara Grup B, Sabtu (6/5/2023). Timnas voli putra Thailand mengalahkan Myanmar 3-0. (Instagram @volleytrails)

(News/Tio)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat