androidvodic.com

Podium Runner Up Diggia di MotoGP Valencia 2023 Dibatalkan, Brad Binder Isi Tiga Besar - News

News - Podium Fabio Di Giannantonio di MotoGP Valencia dibatalkan setelah pembalap Gresini Racing itu kedapatan melakukan pelanggaran.

Di Giannantonio finis sebagai runner up di MotoGP Valencia 2023, ia pun sempat merasakan kebahagiaan karena bisa naik ke podium pada Minggu (26/11/2023).

Namun demikian, kehabagiaan pebalap yang akrab disapa Diggia ini hanya bertahan selama beberapa saat saja.

Beberapa jam setelah ia naik ke podium, sebuah pengumuman dari pihak MotoGP muncul yang kemudian menganulir finisnya Diggia di urutan kedua di Sirkuit Ricardo Tomo.

Pembalap bernomor 49 itu kehilangan P2 itu karena pelanggaran tekanan ban, yang belakangan ini menuai pro dan kontra.

Baca juga: Insiden MotoGP Valencia Kubur Mimpi Jorge Martin Juara Dunia, Karier Marc Marquez dengan Honda Usai

Disebutkan pelanggaran ini adalah yang kedua kalinya bagi Diggia, di mana tekanan ban motornya di bawah rekomendasi minimum selama setengah jalannya balapan.

Pelanggaran pertama terjadi pada sprint race MotoGP Valencia 2023. Pelanggaran pertama hanya mendapatkan teguran. Sayangnya saat main race Diggia kedapatan melakukan pelanggaran lagi sehingga berbuntut penalti 3 detik.

Alhasil, Diggia pun turun ke posisi keempat, digeser oleh Johan Zarco yang kemudian menempati urutan kedua dan Brad Binder di posisi ketiga.

Sudah banyak pembalap yang terkena peringatan soal tekanan ban ini. Selain Diggia, pebalap lain yang sudah merasakan sanksi tersebut adalah Aleix Espargaro.

Menurut crash.net, satu-satunya pebalap penuh MotoGP yang menyelesaikan musim tanpa peringatan tekanan (dan tidak melewatkan balapan karena cedera) adalah Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami.

Musim depan, sanksi untuk pelanggaran ini akan lebih berat lagi, yakni diskualifikasi.

Adapun MotoGP Valencia 2023 ini adalah balapan terakhir di Giannantonio untuk Gresini.

Dia diperkirakan akan bergabung dengan VR46 musim depan, menggantikan Luca Marini yang terikat dengan Repsol Honda.

Pembalap Ducati Italia yang berada di posisi kedua, Fabio Di Giannantonio, merayakan setelah Grand Prix MotoGP Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 26 November 2023. JAVIER SORIANO / AFP
Pembalap Ducati Italia yang berada di posisi kedua, Fabio Di Giannantonio, merayakan setelah Grand Prix MotoGP Valencia di arena pacuan kuda Ricardo Tormo di Cheste, pada 26 November 2023. JAVIER SORIANO / AFP (JAVIER SORIANO / AFP)

Baca juga: Hasil MotoGP Valencia 2023: Pecco Bagnaia Juara Dunia, Jorge Martin Crash di Lap 5

Hasil MotoGP Valencia 2023

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat