androidvodic.com

POBSI Bersiap Gelar Kejuaraan Biliar Internasional: Diikuti 152 Atlet dari Berbagai Negara - News

POBSI Bersiap Gelar Kejuaraan Biliar Internasional: Diikuti 152 Atlet dari Berbagai Negara

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA - Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) bersiap menggelar turnamen biliar kelas dunia terbesar di Indonesia, dengan mengusung tema ‘Indonesia International Open 2024’ yang akan digelar di Park Hyatt Jakarta pada tanggal 21 - 25 Januari 2024.

Park Hyatt juga merupakan hotel mewah bintang 6 yang mengusung konsep modern luxury yang terletak di daerah Menteng yang tenang di jantung kawasan pusat bisnis Jakarta.

Indonesia International Open 2024 akan menjadi turnamen biliar internasional pertama di Indonesia yang akan menjadi sorotan dunia.

Selain mengundang atlet biliar terbaik dari berbagai negara, di kualifikasi Indonesia International Open 2024 secara terbuka memberi kesempatan atlet potensial dapat ikut serta pada Indonesia International Open 2024.

Untuk itu, POBSI memberikan 16 spots kepada atlet potensial nasional dan internasional melalui kualifikasi yang akan dilaksanakan sebelum main event di venue pertandingan Park Tower.

“Untuk pertama kalinya Indonesia menyelenggarakan turnamen Biliar berkelas Internasional, ada 152 atlet dari berbagai dunia seperti dari Asia, Eropa, dan Afrika. Harapan kami turnamen ini berjalan lancar dan sukses karena Biliar perlu kita angkat dan semakin berkembang, apalagi mendapat dukungan banyak pihak seperti dari Kemenpora. Agar Biliar banyak  peminatnya dan juga berprestasi,  harus banyak kompetisi, karena dengan itu atlet akan banyak latihan,” kata kata Ketua Umum PB POBSI, Hary Tanoesoedibjo dalam konferensi pers Indonesia International Open 2024 di Inews Tower, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

“Kemudian perlu ada bantuan media supaya masyarakat bisa menonton dan juga minat semakin meningkat terhadap Biliar. Perlunya banyak kompetisi lokal dan juga level Internasional baik persahabatan maupun profesional agar atlet terbiasa berkompetisi dan semakin percaya diri, harapannya nanti bisa membawa nama baik Indonesia di mata internasional,” sambungnya.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo yang turut hadir dalam sesi konferensi pers ini menyambut baik adanya kejuaraan biliar internasional yang diadakan POBSI.

Menurutnya, Indonesia memang sudah layak menggelar event-event internasional. Hadirnya event-event ini sekaligus bisa menempa para atlet Indonesia untuk lebih berkualitas lagi.

“Kemenpora mengapresiasi dan berterima kasih pada POBSI karena ini pertama kali turnamen Biliar berskala  internasional.  Indonesia sudah biasa selenggarakan turnamen kelas dunia, dengan adanya turnamen ini menambah list event olahraga internasional di Indonesia,” ujar Menpora Dito.

“Momentum juga tepat karena baru saja Derin atlet Indonesia berusia 14 tahun bisa menjadi  juara dunia junior 10 Ball di Austria. Kemenpora sangat senang dengan adanya turnamen ini dan sangat support,” lanjutnya.

Pertandingan biliar pada kejuaraan ini akan dipimpin oleh wasit internasional. Turnamen ini akan mempertandingkan bola 10 untuk kategori dewasa dan bola 9 untuk atlet berusia 17 tahun kebawah (U-17).

POBSI berencana mengundang 128 atlet dalam kategori dewasa dan 24 atlet dalam kategori usia 17, memastikan persaingan yang sengit dan beragam.

Para peserta akan bersaing untuk memperebutkan hadiah total sebesar $100.000, menjadikan Indonesia International Open 2024 sebagai salah satu turnamen biliar paling spektakuler dan terbaik di dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat