androidvodic.com

Ketum PBSI Sebut Chemistry Pelatih Jadi Penyebab Badminton Indonesia Nirgelar Asian Games 2023 - News

News - Firman Agung Sampurna selaku Ketua Umum PBSI menyampaikan penyebab kontingen Indonesia nirgelar saat tampil di Asian Games 2023 lalu.

Melalui program yang diusung PBSI bernama Diksi Media Indonesia, Minggu (31/12/2023), Firman menerangkan ada beberapa hal yang bisa ia sampaikan ke publik, ada yang tidak bisa ia ungkap.

Hanya saja jika ditanya soal penyebabnya, Firman menuturkan ada tiga faktor yang membuat wakil Indonesia gagal total di Asian Games 2023.

Mulai dari padatnya agenda pertandingan hingga chemistry pelatih yang kurang optimal sepanjang Asian Games 2023.

Baca juga: Rapor Badminton Indonesia Tahun 2023: Prestasi Merosot, Alarm Bahaya Menuju Olimpiade Paris 2024

Pertama, Firman menjelaskan mengenai persiapan mepet yang jadi kendala atlet tampil kurang mengesankan di Asian Games 2023.

"Ada yang bisa saya sampaikan ke publik, ada yang tidak bisa saya sampaikan ke publik. Tapi yang bisa kami sampaikan, setidaknya ada tiga hal," kata Firman.

"Yang pertama adalah intensitas temen-temen (atlet) di Pelatnas tinggi sekali, intensitas dalam mengikuti turnamen BWF series, dari situ kesempatannya (persiapan) mepet, dari turnamen ke turnamen. Menurut pendapat saya terjadi physical exhausted untuk para atlet," katanya menambahkan.

Melihat penjelasan tersebut, jika dilihat dari kalender BWF ada tiga turnamen berlevel tinggi yang wajib diikuti pemain andalan seperti Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Sebelum Asian Games, ada Kejuaraan Dunia BWF 2023 akhir Agustus, lalu berlanjut China Open (super 1000), dan Hong Kong Open (super 500).

Hanya saja jika dibandingkan dengan kontingen Korea maupun China yang bersinar di Asian Games, mereka justru rela tak tampil di Hong Kong Open.

Hal itu dilakukan demi mempersiapkan turnamen mayor sekelas Asian Games di mana raihan poinnya juga tak kalah tinggi.

Namun, wakil Indonesia yang kebanyakan diperkuat andalan tetap tampil di Hong Kong Open dengan raihan 2 gelar juara.

Dari situ Firman menjelaskan bahwa kedepannya PBSI akan memilah turnamen-turnamen yang akan diikuti oleh para atlet.

"Dari situ kita mengatur, yang ini bisa ikut di mana, yang ini bisa ikut atau tidak. Kemudian kita lihat sejauh mana kesiapannya," paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat