androidvodic.com

Marc Marquez Kudu Cium Tangan, Maverick Vinales Ukir Sejarah Juara MotoGP Amerika 2024 di COTA - News

News - Satu fakta menarik saat Maverick Vinales juara MotoGP Amerika 2024 di Circuit of The Americas (COTA), Senin (15/4/2024) dini hari WIB.

Maverick Vinales finis di posisi pertama dan berhak mengantongi 25 poin setelah mengalahkan Pedro Acosta dan Enea Bastianini pada main race MotoGP Amerika 2024.

Sukses yang diraih pembalap Aprilia ini mengukir sejumlah rekor. Dan yang paling terlihat jelas ialah, pembalap berjuluk Top Gun ini sukses menjadi rider pertama di era 4-Tak meraih kemenangan menaiki 3 motor berbeda.

Sebelumnya di edisi 2016, Maverick Vinales lebih dulu meraih podium utama MotoGP menunggangi GSX-RR milik Suzuki Ecstar.

Kemudian di musim 2017 hingga 2022, Maverick Vinales mengemas beberapa kemenangan saat memperkuat Monster Energy Yamaha yang mempunyai motor YZR-M1.

Dan kini pada MotoGP 2024, Maverick Vinales resmi menjadi pembalap pertama yang meraih kemenangan dengan 3 motor pabrikan berbeda, setelah membawa RS-GP podium utama di COTA.

Sejak MotoGP 4-Tak dimulai 2002, belum pernah ada pembalap yang sukses mengukir prestasi tersebut, sebelum akhirnya dipecahkan oleh Vinales.

Lantas sejarah apa yang membuat seorang Marc Marquez kudu cium tangan kepada Vinales?

Bukan menjadi rahasia lagi jika The Baby Alien merupakan penguasa sirkuit yang mempunyai 20 tikungan tersebut.

Tujuh kemenangan dan tujuh kali pole position MotoGP Amerika di COTA menjadi bukti sahih bagaimana dominasi yang diperlihatkan Marquez sejak 2013.

Tak heran pembalap asal Cervera, Spanyol ini mempunyai julukan King of COTA dan The Sheriff karena dominasinya ketika balapan di Amerika, entah itu COTA, Indianapolis maupun Laguna Seca.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2024 Terbaru: Vinales ke Tiga Besar setelah Epic Comeback di COTA, Acosta Posisi 4

Di sisi lain, Marc Marquez menjadi pembalap pertama dan yang paling banyak mengonversikan pole position + podium utama ketika balapan Grand Prix Amerika di COTA. 

Tercatat, empunya nomor #93 ini membukukan kemenangan yang diawali start dari P1 sebanyak enam kali.

Menariknya rekor tersebut kini disamai oleh Maverick Vinales pada MotoGP Amerika 2024. Top Gun start dari P1, dan berhasil mengkonversikannya menjadi kemenangan pada seri ketiga musim ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat