androidvodic.com

Fakta Pole Position MotoGP Spanyol 2024: Marquez & Bagnaia Mencoba Selevel dengan Pola Juara Rossi - News

News - Perburuan Pole Position MotoGP Spanyol 2024 menghadirkan fakta menarik yang melibatkan Marc Marquez (Gresini Ducati) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo). Pola Pole Position MotoGP Spanyol dikonversikan menjadi juara lebih dari sekali hanya bisa dilakukan Valentino Rossi.

Perebutan Pole Position MotoGP Spanyol 2024 dimulai jam 15.50 WIB di Sirkuit Jerez Angel-Nieto, Sabtu (27/4/2024).

Francesco 'Pecco' Bagnaia, Maverick Vinales, Marc Marquez dan Pedro Acosta merupakan favorit Pola Position MotoGP 2024.

Menariknya, start dari P1 alias Polesitter di MotoGP Spanyol tidak memiliki kecenderungan untuk mengakhiri balapan sebagai pemenang.

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing asal Afrika Selatan Brad Binder (kanan) dan pebalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez mengemudikan sepeda motornya saat Grand Prix MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Lusail di Lusail, utara Doha pada 10 Maret 2024. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing asal Afrika Selatan Brad Binder (kanan) dan pebalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez mengemudikan sepeda motornya saat Grand Prix MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Lusail di Lusail, utara Doha pada 10 Maret 2024. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

Dirangkum dari laman resmi MotoGP, sejak Sirkuit Jerez menggelar MotoGP Spanyol edisi 2002, hanya ada 7 pembalap yang mampu mengkonversikan Pole Postion menjadi podium kemenangan.

Ketujuh pembalap ini ialah Valentino Rossi, Loris Capirossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Fabio Quartararo dan Pecco Bagnaia.

Faktanya jika berbicara soal pola juara MotoGP Spanyol yang berawal dari pole position, praktis hanya Valentino Rossi yang mempunyai catatan fenomenal.

Sedangkan enam pembalap lainnya, masing-masing hanya sanggup mengkonversikan  Pole Position MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez menjadi kemenangan sebanyak satu kali.

Lantas bagaimana dengan Valentino Rossi?. Tidak bisa dipungkiri empunya nomor #46 ini adalah raja Jerez, karena memiliki total 7 kemenangan.

Namun lebih dari itu, The Doctor sukses mengawinkan Pole Position + Podium Utama di MotoGP Spanyol sebanyak 3 kali. Tepatnya di musim 2002, 2005 dan 2016.

Selebihnya, tidak ada rider yang hingga kini mengukir, setidaknya lebih dari sekali Pole Position + Podium Utama MotoGP Spanyol.

Baca juga: Profil Pacar Ivar Jenner yang Hadir di Piala Asia U23, Pengamat F1 dan Hobi Nonton MotoGP

Tercatat di starting grid MotoGP 2024, ada 3 pembalap yang berkesempatan mengukir prestasi serupa dengan Rossi.

Tiga pembalap itu adalah Marc Marquez, Pecco Bagnaia dan Fabio Quartararo.

Marquez misalnya. Pernah naik podium kemenangan MotoGP Spanyol pada edisi 2014 setelah mengawali balapan dari P1 alias polesitter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat