androidvodic.com

Menpora Dito: Indonesia Diminta Bidding Piala Dunia Basket FIBA U-19 2027 - News

Menpora Dito: Indonesia Diminta Bidding Piala Dunia Basket FIBA U-19 2027

Laporan Wartawan News, Alfarizy AF

News, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa Indonesia diminta untuk ikut dalam bidding ajang olahraga internasional.

Kali ini, Indonesia diminta untuk turut serta dalam pengajuan tuan rumah untuk FIBA World Cup U-19 2027 atau Piala Dunia Basket FIBA.

"Tadi disampaikan juga ada permohonan dari FIBA, untuk bidding tuan rumah kejuaraan dunia di 2027 untuk under 19 tahun," kata Dito di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Dito pun mengatakan jika pemerintah RI, dalam hal ini Kemenpora menyambut baik ajakan dari FIBA tersebut.

Menteri berusia 33 tahun itu pun mengklaim jika FIBA memang tampaknya ingin ajang dua tahunan itu berlangsung di kawasan Asia.

Pasalnya, sejak digelar pada mulai tahun 1979, FIBA World Cup U-19 belum pernah digelar di kawasan Asia.

Edisi terdekat, FIBA World Cup U-19 2025 akan berlangsung di Swiss.

"Ini kami sambut baik dan tadi saya sudah sampaikan kepada FIBA dan Perbasi bahwa pasti Indonesia akan ikut bidding," ucap Dito.

"Nampaknya juga dari FIBA memberikan angin segar, yang tampaknya mereka juga ingin untuk World Cup untuk Under-19 itu di wilayah Asia," paparnya.

Kepercayaan FIBA untuk mengajak Indonesia mem-bidding ajang tersebut tentu bukan tanpa alasan.

Selain FIBA baru akan berkantor di Jakarta, Indonesia pun sudah sukses menggelar FIBA World Cup (senior) pada tahun lalu.

Kala itu, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Sementara itu, FIBA Central Board, Ingo Weiss, mengatakan bahwa dengan adanya FIBA World Cup U-19 tentu akan memberikan dampak positif bagi Indonesia

"Ketika kami membawa World Cup U-19 ke Indonesia. Kemudian, contohnya, tim Indonesia yang kualifikasi secara otomatis ketika mereka adalah tuan rumah. Tim Indonesia akan bermain lawan (seperti) USA. Ini akan menjadi sebuah kisah yang sangat bagus," ujar Ingo.

"Kemudian di Jakarta, di Indonesia, mereka akan bertemu, mereka akan bermain, dan anda akan melihat bintang-bintang masa depan dari bola bola di NBA dan di seluruh dunia. Itulah mengapa World Cup Under-19 sangat bagus," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat